Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanaman Lidah Mertua Dapat Mengusir Nyamuk, Betulkah?

Kompas.com - 13/01/2023, 12:30 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Nyamuk adalah hama menjengkelkan yang menyukai darah manusia. Nyamuk juga merupakan serangga yang mengeluarkan suara rengekan bernada tinggi yang khas saat terbang.

Kehadiran dan suara nyamuk di rumah ini bisa sangat mengganggu, terlebih saat ingin tidur. Puncak musim nyamuk biasanya terjadi selama musim panas. 

Baca juga: Bolehkah Meletakkan Lidah Mertua di Kamar Tidur?

Untungnya, ada beberapa tanaman hias yang benar-benar dapat membunuh atau mengusir nyamuk dari rumah, salah satunya lidah mertua (Dracaena trifasciata)

Namun, seberapa efektif tanaman lidah mertua mengusir nyamuk? 

Tanaman lidah mertua tidak hanya dapat membersihkan dan memurnikan udara, tapi juga mengusir nyamuk.

Dikutip dari Petal Republic, Jumat (12/1/2023), lidah mertua dapat melindungi diri dari nyamuk berkat saponin yang terdapat dalam daunnya.

Saponin adalah bahan kimia organik yang beracun bagi banyak makhluk, termasuk nyamuk, manusia, kucing, dan anjing.  

Baca juga: Cara Mengusir Nyamuk di Pot Tanaman Teras Rumah

Ilustrasi lidah mertua.Shutterstock/Aquarius Studio Ilustrasi lidah mertua.
Nyamuk betina mengisap darah manusia atau hewan, sedangkan nyamuk jantan memakan tanaman karena bagian mulutnya tidak cukup kuat menembus kulit.

Namun, jika nyamuk jantan mencoba memakan tanaman lidah mertua, ini bisa membuatnya mati  dengan cepat setelah menelan saponin. Dalam praktiknya, ini berarti nyamuk  menghindari memakan lidah mertua. 

Meski beracun bagi nyamuk, tanaman lidah mertua tidak tidak benar-benar ditakuti nyamuk.  Begitupun walau saponin mencegah nyamuk memakan lidah mertua, serangga ini akan tetap terbang melewati tanaman tersebut. 

Baca juga: Jangan Letakkan Tanaman Lidah Mertua di 3 Ruangan Ini di Rumah

Hal menjengkelkan adalah nyamuk merasa nyaman bersarang di dekat lidah mertua. Hal ini berarti tanaman lidah mertua tidak banyak membantu mencegah dan mengusir nyamuk meski membunuh nyamuk jantan jika memakan tanaman. 

Bahkan, jika mengelilingi diri dengan lidah mertua, Anda masih akan digigit nyamuk betina. Tanaman lidah mertua tidak akan menghalangi nyamuk untuk datang ke rumah atau kebun.

Ini berarti Anda masih memerlukan pertahanan terhadap nyamuk. Sebagai gantinya, gunakan tanaman herbal dan bunga beraroma kuat untuk mengusir nyamuk. 

Baca juga: 8 Hal yang Dapat Menarik Nyamuk Masuk ke Rumah 

Tanaman apa saja yang dapat mengusir nyamuk? 

Ilustrasi tanaman lidah mertua di dalam ruangan. SHUTTERSTOCK/AQUARIUS STUDIO Ilustrasi tanaman lidah mertua di dalam ruangan.
Walau bukan pertahanan yang efektif terhadap nyamuk, ada beberapa tanaman hias yang dapat mengusir nyamuk dari rumah. Beberapa di antaranya dapat ditanam di dalam ruangan untuk mencegah nyamuk menyerang saat Anda tidur.

Tanaman herbal yang dapat mengusir nyamuk, di antaranya kemangi, lavender, lemon balm, mint, rosemary, sage, dan thyme. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com