Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Aman Menggunakan Citric Acid untuk Membersihkan Rumah

Kompas.com - 05/01/2023, 08:22 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com -  Ada banyak produk pembersih alami yang dapat digunakan untuk membersihkan rumah. Salah satunya adalah citric acid atau asam sitrat.

Dikutip dari The Spruce, Kamis (5/1/2023), citric acid atau asam sitrat membantu memecah noda sehingga dapat dibersihkan, memberikan tindakan pemutihan yang lembut, dan bertindak sebagai bakterisida dan fungisida.

Jika Anda tidak selalu memiliki lemon atau air perasan lemon untuk membersihkan berbagai benda di rumah, Anda dapat menggunakan citric acid bubuk food grade yang dapat dibeli secara online atau di toko bahan makanan.

Baca juga: 5 Benda di Rumah yang Dapat Dibersihkan dengan Citric Acid

Ilustrasi asam sitrat atau citric acid.SHUTTERSTOCK/GAYVORONSKAYA_YANA Ilustrasi asam sitrat atau citric acid.

Asam sitrat atau citric acid adalah senyawa asam yang secara alami ditemukan dalam air perasan lemon atau nanas. Citric acid juga dapat diperoleh dari fermentasi gula menggunakan spora Aspergillus niger.

Adapun struktur kimia asam sitrat adalah C6H8O71.

Seberapa sering harus menggunakan citric acid untuk membersihkan rumah?

Larutan asam sitrat dapat digunakan sesering yang diperlukan pada permukaan rumah yang akan dibersihkan. Ditemukan secara alami dalam makanan dan mudah terurai secara hayati dalam air, tidak ada efek negatif signifikan dari penggunaan citric acid.

Namun, selalu uji larutan pembersih pada permukaan di area tersembunyi jika Anda tidak yakin dengan kestabilan permukaan tersebut.

Baca juga: Jangan Gunakan Citric Acid untuk Membersihkan Benda Ini, Bisa Rusak

Badan Perlindungan Lingkungan AS (EPA) mencantumkan citric acid sebagai "umumnya diakui sebagai aman." Namun, asam sitrat memiliki beberapa masalah keamanan dan kesehatan.

Karena dijual dalam bentuk bubuk, menghirup debu asam sitrat dapat menyebabkan iritasi hidung dan tenggorokan. Selain itu, juga dapat mengiritasi mata dan kulit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com