Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/12/2022, 16:54 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Air sadah adalah habitat yang disukai untuk spesies ikan tertentu. Akan tetapi, jenis air ini  tidak terlalu bagus untuk kaca akuarium

Dikutip dari The Spruce Pets, Selasa (13/12/2022), jika Anda pernah melihat kaca akuarium berkerak putih, ini adalah hasil penguapan air sadah. Residu yang tertinggal kemungkinan adalah kapur (kalsium karbonat plus ion tambahan) yang menumpuk di kaca yang disebut kerak kapur.

Akuarium air asin juga bisa terkena salt-creep, yaitu residu garam di kaca dan bagian atas akuarium.

Baca juga: 5 Penyebab Munculnya Alga di Akuarium dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi akuarium di dalam ruangan. SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi akuarium di dalam ruangan.

Saat air akuarium yang kaya mineral atau air sadah menguap, uap air meninggalkan unsur-unsur yang lebih berat yang menempel satu sama lain dan ke kaca akuarium, meninggalkan kerak putih bergaris-garis.

Jika Anda tinggal di rumah dengan air sadah, kemungkinan besar Anda memiliki jenis penumpukan yang sama di sekitar kepala shower atau keran.

Meskipun residu ini tidak akan melukai ikan atau akuarium, residu ini dapat membuatnya lebih sulit untuk dilihat dan tidak menyenangkan untuk melihat kaca akuarium yang berbintik dan bergaris.

Cara membersihkan kaca akuarium yang berkerak

Penumpukan kapur terlihat sangat buruk sehingga ada godaan besar untuk menggunakan produk pembersih rumah untuk menghilangkannya.

Baca juga: Cara Membersihkan Kaca Akuarium Pakai Cuka Putih

Namun, tahan keinginan itu, karena tetesan terkecil atau residu sisa dari bahan pembersih apa pun kemungkinan besar akan mematikan ikan. Aturan ini juga berlaku untuk tepi atas akuarium.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com