Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/12/2022, 12:56 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber My Domaine

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinding putih menjadi pilihan yang banyak diterapkan di sejumlah desain maupun gaya rumah apa pun.

Hal ini lantaran dinding putih memiliki banyak kelebihan seperti menghadirkan nuansa modern, tapi tak lekang waktu, memberikan kesan luas dan cerah pada ruangan, serta dapat dikombinasikan dengan warna apa pun dalam ruangan. 

Baca juga: Cara Membersihkan Dinding Putih agar Tak Terlihat Kusam

Namun, dinding putih rentan mengalami kotor, kusam, serta tanda-tanda keausan seiring waktu sehingga membutuhkan perawatan rutin. 

Paige NeJame, pemilik perusahaan pengecatan interior CertaPro yang berbasis di Boston, Amerika Serikat, mengatakan dinding putih membutuhkan pembersihan menyeluruh setiap enam bulan atau lebih— saat itulah mulai mengumpulkan kotoran dan debu yang terlihat. 

Namun, apabila rumah memiliki anak atau hewan peliharaan yang mengotori ruangan, Anda mungkin perlu membersihkan dinding putih lebih sering.

Untuk mengetahui dinding putih perlu dibersihkan, dapat dilihat dari tanda-tanda seperti terlihat debu pada dinding, gogresan, kotoran, serta jaring laba-laba di sudut pertemuan dinding dengan plafon. 

Tentu saja, dengan tanda-tanda ini, Anda tidak perlu menunggu pembersihan setiap enam bulan atau lebih. 

Nah, dilansir dari My Domaine, Jumat (9/12/2022), berikut cara membersihkan dinding putih menurut para ahli. 

Baca juga: Cara Mudah Membersihkan Dinding Putih dengan Sabun Cuci Piring 

Ilustrasi dinding, ilustrasi membersihkan dinding, ilustrasi noda, ilustrasi noda di dinding.SHUTTERSTOCK / VH-studio Ilustrasi dinding, ilustrasi membersihkan dinding, ilustrasi noda, ilustrasi noda di dinding.
Alat dan bahan yang dibutuhkan 

  • Kemoceng atau alat penyedot debu
  • Pel kering (opsional)
  • Kain mikrofiber (opsional)
  • Penghapus ajaib (opsional)
  • Spons non-abrasif
  • Sabun cuci piring cair ringan
  • Keranjang
  • Air hangat 

Baca juga: Mudah, Cara Menghilangkan Noda pada Dinding Putih

Cara membersihkan dinding putih 

Membersihkan dinding putih butuh wakty, tapi untungnya tidak memerlukan alat atau pembersih mewah untuk melakukannya. Berikut cara membersihkan dinding putih menurut para profesional.

  • Kosongkan dinding

Sebelum benar-benar mulai membersihkan dinding putih, pastikan mengosongkan permukaan dinding dari benda-benda seperti foto dan lukisan untuk memudahkan pembersihan. 

Baca juga: Waspadai, Ini 8 Penyebab Dinding Retak dan Solusinya

  • Seka debu dari atas ke bawah

Ilustrasi dinding, ilustrasi membersihkan dinding, ilustrasi noda, ilustrasi noda di dinding.SHUTTERSTOCK / mturhanlar Ilustrasi dinding, ilustrasi membersihkan dinding, ilustrasi noda, ilustrasi noda di dinding.
Kotoran bukan satu-satunya musuh saat membersihkan dinding putih. Sebelum membersihkan, seka dinding dari plafon ke bawah.

Anda dapat menggunakan kemoceng atau kain mikrofiber. Namun, NeJame menyarankan menggunakan sambungan sikat debu penyedot debu untuk pembersihan lebih dalam.

Jika tidak memiliki sambungan kemoceng, cobalah kepala pel kering yang dibungkus dengan kain bersih yang lembut. 

Dengan alat pilihan Anda, bersihkan debu dari atas ke bawah, berhati-hatilah agar tidak menggores dinding dengan bagian kaku dari pel atau penyedot debu. 

Baca juga: 4 Warna Cat Dinding yang Bisa Menyingkirkan Hal Negatif di Dalam rumah  

  • Buat larutan pembersih 

Ambil ember dan isi dengan 3,7 liter air hangat (bukan panas). NeJame merekomendasikan menambahkan sedikit sabun cuci piring yang lembut. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com