Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mudah Membersihkan Dinding Putih dengan Sabun Cuci Piring

Kompas.com - 10/07/2022, 17:27 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.comDinding putih terkenal rentan kotor serta membuat noda dan kotoran apa pun terlihat lebih jelas meski ukurannya cukup kecil.

Karena itu, beberapa orang menghindari menggunakan cat putih pada ruangan sibuk di rumah seperti dapur dan ruang bermain anak. 

Baca juga: 4 Alasan Perlu Membersihkan Dinding Sebelum Mengecatnya

Akan tetapi, tak perlu khawatir. Membersihkan noda dan kotoran pada dinding putih cukup mudah dilakukan. Kamu hanya memerlukan sabun cuci piring saja.

Disitat dari The Spruce, Minggu (10/7/2022), berikut cara membersihkan dinding putih dengan sabun cuci piring.   

Siapkan peralatan pembersih

Ilustrasi membersihkan dinding keramik.SHUTTERSTOCK/LIGHTFIELD STUDIOS Ilustrasi membersihkan dinding keramik.

Langkah pertama adalah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan. Peralatan tergantung pada seberapa kotor dinding yang akan dibersihkan, ukuran kotoran, dan seberapa mudah kotoran dihilangkan.

Namun, peralatan pembersih mendasar yang dibutuhkan adalah kain lap untuk menyeka noda dan sikat gosok untuk noda membandel.

Baca juga: Ini Alasan Perlu Membersihkan Dinding Rumah Secara Rutin 

Mulai pembersihan dari atas

Untuk melakukan pembersihan dinding secara menyeluruh, mulailah melakukan pembersihan dari atas hingga ke bawah. Artinya, membersihkan dinding dari area yang dekat dengan plafon hingga lantai.

Gunakan sapu atau kemoceng bergagang panjang untuk membersihkan debu. Namun, apabila tidak memilikinya, gunakan bangku atau tangga untuk memudahkan proses pembersihan bagian atas dinding.

Baca juga: Cara Membersihkan Dinding Bekas Wallpaper, Siap untuk Dicat

Ilustrasi dinding, ilustrasi membersihkan dinding, ilustrasi noda, ilustrasi noda di dinding.SHUTTERSTOCK / mturhanlar Ilustrasi dinding, ilustrasi membersihkan dinding, ilustrasi noda, ilustrasi noda di dinding.

Siapkan sabun cuci piring

Setelah membersihkan semua debu dari permukaan dinding, saatnya menyiapkan air dan sabun cuci piring.

Takaran air dan jumlah sabun bisa disesuaikan dengan area dinding yang ingin dibersihkan. Kemudian, seka permukaan dinding dengan kain lap lembap yang telah dicelupkan ke air sabun.

Apabila ada noda yang sulit dibersihkan, gosok dengan lembut hingga melihat buih sabun di area yang bernoda.

Diamkan selama beberapa saat dan bilas dengan kain lap lembap. Ulangi langkah ini selama beberapa kali hingga noda benar-benar hilang.

Baca juga: 4 Tips Membersihkan Dinding Rumah agar Bebas Debu dan Tampak Baru 

Gunakan baking soda untuk noda membandel 

Jika noda masih menempel atau ada, tuangkan tiga bagian baking soda dan satu bagian air ke dalam mangkuk untuk membuat pasta. Sesuaikan jumlah bahan dengan noda yang ingin dibersihkan.

Setelah itu, aduk bahan hingga merata dan teksturnya berubah menjadi agak lengket. Oleskan pasta baking soda ke area tersebut menggunakan kain lap lembap, diamkan selama beberapa saat, dan bilas menggunakan kain bersih.  

Baca juga: 4 Tanda Cat Dinding Sudah Rusak dan Cara Merawatnya agar Tahan Lama

Kapan harus membersihkan dinding putih?

Biasanya, dinding yang kotor baru dibersihkan saat ada acara penting di rumah atau ingin pindah rumah

Namun, dinding bisa menjadi kotor setelah kedatangan tamu, atau di bulan-bulan yang lebih hangat ketika seseorang membuka jendela rumah guna membiarkan udara segar masuk—beserta debu.

Dinding membutuhkan pembersihan yang lebih rutin jika kamu tinggal bersama anak-anak atau hewan peliharaan. Tentukan jadwal yang paling sesuai untuk membersihkan dinding sesuai dengan kebutuhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com