Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/11/2022, 10:08 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Real Homes

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbagai jenis lantai batu alam dapat digunakan di sebagian besar ruangan di rumah. Bahkan lantai batu alam kini banyak digunakan di dapur, kamar mandi, dan lorong.

Lantai batu alam memiliki tampilan mewah, solid, serta sangat tahan lama sehingga menjadikannya material terbaik, tidak perlu mengganti selama bertahun-tahun, serta menambah nilai dan karakter pada properti Anda. 

Baca juga: 4 Pillhan Batu Alam yang Tepat untuk Dinding Eksterior Rumah

Lantai batu alam yang digunakan di dapur dapat memberikan gaya dan fungsionalitas. Misalnya, granit yang tahan lama adalah pilihan populer untuk countertops, sementara batu kapur memberikan sentuhan perdesaan yang hangat dan tidak mudah aus. 

Lantai, apa saja jenis lantai batu alam? 

Dilansir dari Real Homes, Sabtu (5/11/2022), berikut beberapa pilihan lantai batu alam yang dapat diaplikasikan di rumah.   

Baca juga: 6 Pilihan Keramik Dinding Teras, dari Motif Marmer Hingga Batu Alam 

Granit

Ilustrasi ruang tamu dengan lantai granit. SHUTTERSTOCK/LOW CHIN HAN Ilustrasi ruang tamu dengan lantai granit.
Tersedia dalam spektrum warna yang luas, sering kali granit menjadi pilihan fleksibel yang dapat disesuaikan dengan sebagian besar gaya rumah.

Granit memiliki sangat tahan lama sehingga cocok diletakkan di area dengan lalu lintas tinggi seperti ruang keluarga, dapur, dan lorong.

Muncul dalam hasil akhir berbeda, tetapi bentuk yang dipoles sepenuhnya mengungkapkan warna dan pola. Granit mempunyai berbagai warna, dari biru, ungu, abu-abu, hingg hijau zaitun. Granit sering menyertakan tanda merah berkarat pada permukaannya. 

Batu tulis

Mudah dibagi menjadi berbagai ketebalan dan tersedia dengan hasil akhir bertekstur, batu tulis bekerja baik di area basah seperti kamar mandi serta dapur.  

Baca juga: Batu Alam atau Ubin Keramik, Mana yang Lebih Baik untuk Lantai Rumah? 

Batu kapur

Tersedia dalam banyak nada, dari putih, abu-abu, dan coklat tua yang lebih jarang, batu kapur sering kali bersifat perdesaan.

Selain itu, batu kapur memiliki beragam tekstur seperti batu berbutir, lebih halus, serta lebih kasar. Beberapa dapat dipoles menyerupai marmer.

Namun, batu kapur mudah tergores karena cukup lembut, jadi berhati-hati mengaplikasikannya di dapur. 

Namun, lantai batu kapur tahan terhadap jamur dan bakteri sehingga bekerja sangat baik sebagai pilihan lantai kamar mandi. 

Baca juga: 4 Cara Memasukkan Batu Alam ke Interior Rumah  

Marmer

Ilustrasi kamar mandi dengan dinding dan lantai batu alam atau marmer. Shutterstock/onzon Ilustrasi kamar mandi dengan dinding dan lantai batu alam atau marmer.

Berawal dari kehidupan sebagai batu gamping, dalam kondisi tertentu komponen-komponennya mengkristal membentuk urat-urat khas marmer.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com