Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Jenis Lantai Batu Alam untuk Rumah

Lantai batu alam memiliki tampilan mewah, solid, serta sangat tahan lama sehingga menjadikannya material terbaik, tidak perlu mengganti selama bertahun-tahun, serta menambah nilai dan karakter pada properti Anda. 

Lantai batu alam yang digunakan di dapur dapat memberikan gaya dan fungsionalitas. Misalnya, granit yang tahan lama adalah pilihan populer untuk countertops, sementara batu kapur memberikan sentuhan perdesaan yang hangat dan tidak mudah aus. 

Lantai, apa saja jenis lantai batu alam? 

Dilansir dari Real Homes, Sabtu (5/11/2022), berikut beberapa pilihan lantai batu alam yang dapat diaplikasikan di rumah.   

Granit memiliki sangat tahan lama sehingga cocok diletakkan di area dengan lalu lintas tinggi seperti ruang keluarga, dapur, dan lorong.

Muncul dalam hasil akhir berbeda, tetapi bentuk yang dipoles sepenuhnya mengungkapkan warna dan pola. Granit mempunyai berbagai warna, dari biru, ungu, abu-abu, hingg hijau zaitun. Granit sering menyertakan tanda merah berkarat pada permukaannya. 

Batu tulis

Mudah dibagi menjadi berbagai ketebalan dan tersedia dengan hasil akhir bertekstur, batu tulis bekerja baik di area basah seperti kamar mandi serta dapur.  

Batu kapur

Tersedia dalam banyak nada, dari putih, abu-abu, dan coklat tua yang lebih jarang, batu kapur sering kali bersifat perdesaan.

Selain itu, batu kapur memiliki beragam tekstur seperti batu berbutir, lebih halus, serta lebih kasar. Beberapa dapat dipoles menyerupai marmer.

Namun, batu kapur mudah tergores karena cukup lembut, jadi berhati-hati mengaplikasikannya di dapur. 

Namun, lantai batu kapur tahan terhadap jamur dan bakteri sehingga bekerja sangat baik sebagai pilihan lantai kamar mandi. 

Berawal dari kehidupan sebagai batu gamping, dalam kondisi tertentu komponen-komponennya mengkristal membentuk urat-urat khas marmer.

Marmer tersedia dalam berbagai, dari abu-abu, hijau, sampai hitam. Lantai marmer memiliki harga yang mirip dengan granit serta variasi warna dan tekstur yang sama di pasaran. Marmer cocok digunakan di dapur serta kamar mandi.

Travertin

Travertine memiliki permukaan berpori dengan lubang-lubang kecil yang memberikan penampilan seperti spons dan grade lebih tinggi.

Travertine premium memiliki lebih sedikit lubang dengan warna lebih cerah. Ketika dipasang dengan baik, travertine adalah salah satu batu alam paling tahan lama untuk kamar mandi dan area shower.  

Cara merawat ubin batu alam

Ubin batu alam perlu disegel untuk mencegah kerusakan, pewarnaan, dan menghindari perbaikan. Ahli pemasangan lantai akan merekomendasikan produk paling tepat untuk digunakan dan Anda harus merawatnya dengan baik. 

Gunakan produk pembersih lantai yang tidak direkomendasikan dapat meninggalkan lapisan tipis, yang dapat menarik kotoran dan memerlukan penghilangan bahan kimia di kemudian hari.

Menyapu lantai secara teratur akan menjauhkan kotoran. Lantai batu alam dapat dibersihkan dan direstorasi secara profesional.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/11/05/100800976/5-jenis-lantai-batu-alam-untuk-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke