Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Alasan Perlu Menggunakan Lantai Beton di Rumah

Kompas.com - 31/10/2022, 22:05 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Beton adalah material lantai yang mudah dibuat dan memiliki daya tahan sangat kuat, tetapi tidak permanen. Permukaan beton perlahan bisa aus karena pengaruh cuaca, air, dan waktu.

Namun, hal yang baik tentang lantai beton adalah dapat dipugar dan ditingkatkan dari tampilan awalnya. Selain itu, memulihkan lantai beton lebih murah daripada mengganti semuanya sekaligus. 

Meski begitu, memilih beton sebagai material lantai di rumah memerlukan pertimbangan. Nah, dilansir dari My Decorative, Senin (31/10/2022), berikut lima alasan perlu menggunakan lantai beton di rumah. 

Baca juga: 3 Cara Menghilangkan Tumpahan Cat di Lantai Beton

Daya tahan bagus 

Ilustrasi patio berlantai beton.SHUTTERSTOCK / Artazum Ilustrasi patio berlantai beton.
Lantai beton mempunyai daya tahan sangat kuat, tahan lama, serta dapat menahan tekanan dari lalu lintas pejalan kaki dan peralatan.

Sejumlah hal seperti sepatu hak tinggi, goresan, cakar hewan peliharaan, atau kaki furnitur hampir tidak dapat merusak lantai beton. 

Anda dapat meningkatkan keindahan dan daya tahan rumah dengan lantai beton sambil menyertakan dekorasi dengan menggunakan pelindung pada permukaan lantai. 

Lantai beton yang dirawat baik dapat bertahan lebih dari seumur hidup. Material yang digunakan pada lantai beton dapat menahan kondisi berbeda, terutama pada area yang digunakan secara komersial. 

Baca juga: 5 Pilihan Lantai Dapur Ramah Anggaran

Minim pemeliharaan

Lantai beton tidak perlu dirawat hampir sepanjang waktu. Misalnya, lantai beton yang dipoles dapat menghilangkan kotoran, noda, tumpahan, dan beberapa benturan keras.

Karena itu, menyapu kotoran dan mengepel diperlukan agar lantai beton tetap terlihat segar. Untuk menjaga kebersihan lantai, buatlah jadwal kapan harus mengepel secara rutin.

Cara perawatan lainnya, melakukan waxing lantai setiap tiga sampai sembilan bulan dan menggunakan bahan pembersih netral guna memperpanjang umur lantai beton. Perawatan lantai beton cukup mudah dibanding lantai kayu

Baca juga: 7 Jenis Lantai yang Cocok untuk Rumah Minimalis

Tahan lama 

Lantai beton dapat bertahan hingga seratus tahun, bahkan dalam kondisi paling keras sekalipun selama dipasang, disegel, dan dirawat dengan benar.

Ketahan lantai beton dapat mengungguli material lantai lainnya seperti lantai vinil, laminasi kayu, dan linoleum. Dengan demikian, membantu Anda menghemat lebih banyak uang dalam jangka panjang untuk mengganti lantai.

Tahan cairan 

Ilustrasi patio berlantai beton.SHUTTERSTOCK / Sheila Say Ilustrasi patio berlantai beton.
Lantai beton yang dipoles dan disegel dengan baik dapat tahan terhadap cairan. Lapisan dapat mencegah kontaminan serta bertindak sebagai perlindungan anti-mikroba.

Lantai beton yang disegel dapat mencegah retakan dan celah yang menampung makanan, kotoran, dan bakteri yang terperangkap.  

Baca juga: 5 Pilihan Pelapis Lantai dengan Harga Terjangkau, Apa Saja?

Ketahanan lembap 

Kelembapan dapat menarik jamur dan tumbuh subur di area tersebut. Namun, lantai beton tidak menyerap kelembapan dari sekitarnya.

Lantai beton tahan terhadap kelembapan yang membuatnya jauh lebih baik daripada karpet. Selain itu, lantai beton mudah dibersihkan untuk menghilangkan residu air atau kelembapan pada lantai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com