Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bolehkah Meletakkan Sofa di Depan Jendela? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 27/10/2022, 18:06 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Living Etc

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam menata ruang tamu, ada perdebatan tentang aturan meletakkan sofa di depan jendela.

Banyak yang bersikeras bahwa sofa tidak boleh diletakkan di depan jendela karena khawatir menghalangi cahaya alami atau pandangan, angin dingin, hingga terlihat canggung di dalam ruangan.  

Baca juga: 6 Hal yang Menyebabkan Sofa Cepat Rusak, Jangan Dilakukan

Namun, tata letak ruang tamu tertentu terkadang tidak dapat dihindari untuk meleletakkan sofa di depan jendela. 

Dani Burroughs dari brand sofa Snug mengatakan sofa di depan jendela tidak selalu buruk. Area jendela biasanya merupakan jebakan matahari yang disambut baik.

Artinya, dapat menjadi tempat sempurna untuk meringkuk sambil membaca buku sambil berjemur di bawah sinar matahari. 

Sebenarnya, ketika berbicara tentang penempatan sofa di depan jendela, tidak ada aturan keras, tetapi ada petunjuk untuk memastikan sofa berfungsi meningkatkan detail arsitektur ruangan dan mencerminkan suasana ruang.  

Baca juga: 5 Tanda Harus Mengganti Sofa Segera

Bolehkah meletakkan sofa di depan jendela

Ilustrasi ruang keluarga, ilustrasi gorden atau tirai di ruang keluarga, ilustrasi sofa modular, Ilustrasi sofa sectional.Shutterstock/Svet_Feo Ilustrasi ruang keluarga, ilustrasi gorden atau tirai di ruang keluarga, ilustrasi sofa modular, Ilustrasi sofa sectional.
Meski sering diperdebatkan di dunia interior, meletakkan sofa di depan jendela boleh saja dilakukan.

Namun, jika dihadapkan dengan dilema desain ini, ada cara memastikan keseluruhan skema bekerja baik ketika Anda terbatas pada penempatan ini. 

Pikirkan tentang tata letak ruangan. Apakah itu tempat dengan lalu lintas tinggi dan bagaimana menempatkan sofa sehingga ada ruang untuk berjalan di sekitar sofa? 

Selanjutnya, bagaimana Anda mengandalkan pencahayaan untuk ruang. Apakah penempatan sofa menghalangi pemandangan yang indah atau pencahayaan alami yang masuk? Pertimbangkan juga bagaimana dimensi sofa. 

Baca juga: Tips Meletakkan Sofa di Ruang Keluarga Menurut Feng Shui

Desainer interior Anna Popov mengatakan skala selalu penting. Jika sofa membuat jendela menjadi kecil, pikirkan lagi sebelum menempatkan sofa di depannya karena keseimbangan estetika rumah akan hilang.

"Namun, jika jendela memiliki ruang dinding di bawahnya, sofa mungkin bisa diletakkan di bawahnya," ujarnya dilansir dari Living Etc, Kamis (27/10/2022). 

Terkadang, jendela dapat menjadi pernyataan tersendiri. Jadi, Anda mungkin ingin mempertimbangkan kembali penempatan di depan jendela jika itu mengurangi kaca patri atau fitur menarik lainnya.

Apabila memiliki properti antik dengan jendela pernyataan, sebaiknya mempertimbangkan menempatkan sofa tegak lurus ke jendela sehingga tidak menghalangi fitur arsitektur yang indah. 

Baca juga: 7 Cara Mencegah Sofa Cepat Rusak

Bagaimana pengaruh pencahayaan dengan posisi sofa?

Ilustrasi sofa.SHUTTERSTOCK / Pixel-Shot Ilustrasi sofa.
Selain itu, pikirkan juga bagaimana pencahayaan alami yang masuk dari jendela dapat mempengaruhi furnitur atau bagaimana sofa dapat mempengaruhi cahaya di dalam ruangan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com