Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/10/2022, 10:31 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Air sangat penting bagi semua kehidupan makhluk hidup, dari manusia, hewan, hingga tanaman

Ada banyak hal yang dilakukan orang memenuhi kebutuhan air mereka. Beberapa lebih menyukai membeli air kemasan dan sebagian memilih minum air keran karena lebih murah. 

Baca juga: Coway Indonesia Berikan 10 Water Purifier kepada Universitas Airlangga

Namun, masalah utama mengonsumsi air keran adalah memiliki rasa tidak sebaik air kemasan. Tentu ini membuat khawatir tentang potensi kontaminan dalam pasokan air dan mencari cara menghilangkannya.

Untungnya, saat ini memurnikan air dapat menggunakan peralatan water purifier atau penjernih air. Water purifier dapat membuat air keran terasa lebih segar sehingga layak dikonsumsi.  

Water purifier, yang juga disebut filter air atau sistem penyaringan air, menggunakan teknologi pintar khusus untuk menyaring pasokan air serta menghilangkan kontaminan seperti patogen, merkuri, timbal, arsenik, juga klorin.

Baca juga: Air Panas Vs Air Dingin, Mana yang Tepat untuk Mencuci Kain?

Penjernih air memiliki jaring atau membran seperti kain kasa yang menangkap partikel serta menghilangkannya dari air saat mengalir melalui filter, yang akhirnya menghasilkan air bersih dari mesin sehingga dapat menikmati minuman bebas kontaminan.

Namun, manfaat water purifier jauh lebih dari sekadar mengubah rasa air minum. Dilansir dari My Decorative, Minggu (23/10/2022), berikut sejumlah manfaat memiliki water purifier di rumah.  

Baca juga: Kini Hadir Water Purifier yang Bekerja hingga 4 Kali Penyaringan 

Water purifier dapat meningkatkan kesehatan

Ilustrasi water purifier.Shutterstock/Maples Images Ilustrasi water purifier.
Menghilangkan kontaminan dari pasokan air juga membantu menjaga Anda tetap aman. Banyak kotoran air telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit, jadi menghindarinya sebisa mungkin penting untuk menjaga kesehatan yang optimal.

Penjernih air tidak menyaring nutrisi penting dari pasokan air seperti fluoride, seng, kalsium, dan magnesium. Semua nutrisi ini ditemukan secara alami dalam air keran dan bermanfaat bagi kesehatan. 

Water purifier membuat rasa air lebih baik

Kita semua tahu bahwa air keran memiliki rasa yang aneh dan itulah sebabnya banyak dari kita memilih minum air kemasan.

Namun, dengan memiliki water purifier di rumah, Anda dapat menikmati membuat air keran terasa segar seperti air minum kemasan. 

Air yang dimurnikan rasanya jauh lebih enak daripada air yang tidak dimurnikan dan Anda akan segera melihat perbedaannya saat Anda beralih. 

Baca juga: 3 Cara yang Benar untuk Mencuci Botol Minum Anak

Water purifier tahan lama dan hemat biaya

Ilustrasi water purifier.Shutterstock/Gerasia Ilustrasi water purifier.
Selanjutnya, manfaat water purifier tahan lama sehingga tak perlu khawatir menggantinya selama beberapa tahun.

Selain itu, water purifier juga hemat biaya. Anda dapat menikmati air keran bebas kontaminan di rumah, yang dapat menghemat banyak uang dalam jangka panjang. 

Menjaga lingkungan hidup 

Saat memiliki persediaan air bersih di rumah, berkat sistem water purifier, Anda tidak perlu membeli air botolan plastik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com