Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Menggunakan Cermin di Kamar Tidur Kecil

Kompas.com - 23/10/2022, 07:26 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Cermin merupakan elemen dekorasi yang dapat membantu memberikan kesan luas dan lapang pada ruangan karena dapat memantulkan pencahayaan. 

Cermin bekerja baik jika diletakkan pada penempatan yang tepat. Misalnya, di kamar tidur kecil, beberapa cermin yang ditempatkan dengan baik dapat membantu mencerahkan dan membuat ruangan terasa lebih besar. 

Nah, berikut cara menggunakan cermin di kamar tidur kecil dilansir dari House Digest, Minggu (23/10/2022). 

Baca juga: 7 Aturan Meletakkan Cermin di Ruangan Menurut Feng Shui

Cermin hias yang dikelompokan 

Ilustrasi cermin di kamar tidur. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi cermin di kamar tidur.
Ada banyak pilihan seni dinding untuk rumah, tetapi karya seni berbingkai besar dan karpet tebal dapat membuat kamar tidur kecil terasa semakin kecil dan gelap.

Sebagai gantinya, pertimbangkan menggunakan sekelompok cermin kecil untuk menerangi ruangan. Disarankan menggunakan cermin pada dinding yang menonjol.

Ciptakan titik fokus yang cepat dan mudah di atas tempat tidur dengan koleksi cermin bulat kecil. Penempatan ini akan memantulkan cahaya sekaligus membuat ruangan terasa cerah dan lapang.

Selain itu, menggunakan cermin tanpa bingkai tebal guna mengurangi bobot visual seni dinding sambil tetap menciptakan tempat yang menarik perhatian.

Jika memiliki ruang dinding yang terbatas, Anda dapat menggunakan cermin tempel dan tempel hampir di semua ruangan untuk menambahkan sedikit kecerahan. 

Baca juga: 6 Area Terbaik dan Terburuk Menggantung Cermin Menurut Feng Shui 

Cermin samping tempat tidur

Maksimalkan kombinasi cahaya dan cermin dengan menempatkan cermin kecil di atas meja samping tempat tidur guna memantulkan cahaya lampu meja.

Beli bohlam yang lebih terang, tetapi itu akan menghasilkan cahaya yang keras. Jika memiliki lampu ekstra tinggi, gantung cermin lebih tinggi. 

Apabila memiliki sandaran kepala sangat tinggi, cermin pendek mungkin terlihat tidak seimbang, jadi pilih opsi yang mengisi ruang antara kepala tempat tidur dan meja samping tempat tidur. Dalam situasi ini, Anda mungkin membutuhkan cermin yang tinggi dan sempit. 

Baca juga: Tips Memilih dan Meletakkan Cermin di Ruang Tamu 

Cermin besar

Ilustrasi lemari, ilustrasi cermin.SHUTTERSTOCK / bezikus Ilustrasi lemari, ilustrasi cermin.
Cermin besar di kamar tidur kecil mungkin tampak tidak logis. Namun, jika memiliki ruang dinding ekstra, cermin berukuran penuh adalah cara indah untuk memantulkan banyak cahaya. 

Pilihan ini sangat bermanfaat jika Anda memiliki jendela besar. Menurut Decorated Life, cermin yang menempel pada dinding di samping jendela membantu memantulkan lebih banyak cahaya di ruang kecil.

Untuk hasil terbaik, pilih cermin berukuran hampir sama dengan jendela untuk menciptakan ilusi jendela tambahan. 

Baca juga: Hindari Meletakkan Cermin di Seberang Tempat Tidur, Ini Alasannya 

Cermin pernyataan miring atau gantung juga dapat menciptakan titik fokus yang unik. Jika ingin mengalihkan perhatian dari tempat tidur, gunakan cermin berornamen di sudut baca.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com