Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Aturan Meletakkan Cermin di Ruangan Menurut Feng Shui

Kompas.com - 16/10/2022, 21:42 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam feng shui, cermin menjadi elemen dekorasi yang dianggap dapat meningkatkan energi di dalam rumah.

Aturan cermin dalam feng shui bisa tampak sedikit rumit, terutama ketika diletakkan di beberapa area rumah seperti kamar tidur

Baca juga: 6 Area Terbaik dan Terburuk Menggantung Cermin Menurut Feng Shui

Dalam feng shui, menata objek dan memilih dekorasi bertujuan menyeimbangkan elemen Yin dan Yang yang berlawanan, tetapi saling melengkapi meningkatkan aliran chi positif dan menangkal chi negatif.

Desainer interior dan ahli feng shui, Suzanne Roynon, mengatakan cermin adalah alat ampuh dalam feng shui karena dapat menggandakan atau meningkatkan apa pun yang mereka lihat, tetapi perlu menggunakannya secara hati-hati.

Dilansir dari Homes and Gardens, Minggu (16/10/2022), berikut beberapa aturan meletakkan cermin di ruangan menurut feng shui. 

Baca juga: Tips Memilih dan Meletakkan Cermin di Ruang Tamu

Aturan cermin di kamar tidur

Ilustrasi cermin dan tempat tidur saling berhadapan. Penataan ini dianggap buruk menurut feng shui. SHUTTERSTOCK/PROCREATORS Ilustrasi cermin dan tempat tidur saling berhadapan. Penataan ini dianggap buruk menurut feng shui.
Mengikuti aturan cermin feng shui untuk kamar tidur dapat membantu mempromosikan tidur malam yang damai dan membawa kesejahteraan.

Namun, beberapa praktisi menyarankan tidak boleh menggantung cermin di kamar tidur. Untungnya, cermin bisa digantung tanpa menimbulkan masalah menurut feng shui.

Roynon mengatakan cermin di kamar tidur seharusnya tidak mencerminkan tempat tidur karena dua alasan, yakni mengundang energi orang ketiga ke dalam hubungan dan menguras energi orang yang tidur.

"Posisikan cermin apa pun miring jauh dari tempat tidur atau terlalu tinggi agar penghuni tidak dapat melihat diri mereka sendiri saat duduk atau berbaring di tempat tidur," kata Roynon.

Pastikan mengikuti panduan tata letak dan penempatan tempat tidur sesuai dengan aturan feng shui serta warna kamar tidur yang tenang dan merevitalisasi.  

Baca juga: Cara Menata Rumah dengan Cermin agar Terlihat Lebih Luas

Aturan cermin di ruang tamu

Feng shui ruang tamu dapat mencakup dekorasi dengan cermin, salah satunya dapat menarik kemakmuran, asalkan diposisikan dengan benar.

Pastikan cermin memantulkan pemandangan indah untuk energi positif sambil menghindari fitur pantulan yang tidak menyenangkan. Hindari juga menempatkan cermin di atas sofa atau kursi berlengan.

"Cermin di ruang tamu membuat segalanya terasa lebih meriah dengan menambah jumlah orang yang hadir di ruangan," ucap Zoe Warren dari PriceYourJob.

Namun, jika tamu Anda negatif, ini bisa melipatgandakan negatifnya. Berhati-hatilah dengan siapa yang Anda undang ke rumah dan minta para tamu meninggalkan drama mereka di rumahnya. 

Baca juga: Hindari Meletakkan Cermin di Seberang Tempat Tidur, Ini Alasannya 

Aturan cermin di dapur

Ilustrasi cermin di dapur.Shutterstock/AleksSafronov Ilustrasi cermin di dapur.
Aturan feng shui mengharuskan Anda bisa melihat pintu saat memasak di kompor tanpa  sejajar dengan pintu. Dengan cara ini, Anda bertanggung jawab atas jalur karier dan dapat melihat peluang yang muncul. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com