Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BTN Sediakan KPR untuk Pedagang Pasar Tradisional

Kompas.com - 21/10/2022, 09:27 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negera (Persero) Tbk berkolaborasi dengan Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) dalam memfasilitasi pembiayaan hunian yang layak bagi para pedagang pasar tradisional.

Penyedian hunian yang layak bagi pedagang pasar tersebut akan dibiayai BTN melalui skema KPR Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT).

Direktur Utama BTN Haru Koesmahargyo mengatakan, pihaknya terus mendorong kesejahteraan pedagang pasar tradisional melalui hunian yang sehat, layak dan terjangkau.

Baca juga: Gandeng TapHomes dan CicilSewa, BTN Hadirkan KPR Rent to Own

Ilustrasi rumah.Dok. BP Tapera. Ilustrasi rumah.

"Sebagai Bank BUMN yang fokus pada perumahan, BTN mengajak IKAPPI untuk dapat berkolaborasi menyelesaikan permasalahan perumahan di Indonesia sehingga seluruh lapisan masyarakat dapat memiliki hunian yang sehat, layak dan terjangkau untuk menjadi tempat membangun kehidupan yang lebih sejahtera," kata Haru dalam keterangannya, Jumat (21/10/2022).

Haru menjelaskan, BTN dengan IKAPPI sebelumnya telah berkolaborasi dalam penyelenggaraan program Grebek Pasar.

Melalui program ini, BTN ingin membuka kesempatan bagi para pedagang pasar (pekerja informal) untuk dapat memiliki hunian yang layak, sehat dan terjangkau dengan skema fasilitas KPR BP2BT.

Fasilitas tersebut merupakan program KPR bersubsidi uang muka dari pemerintah berbasis tabungan.

Baca juga: Mitra Gojek Beli Rumah Lewat KPR Subsidi Khusus

"Sosialisasi program-program perumahan bersama IKAPPI sudah kita lakukan di beberapa tempat diantaranya Sumatera Selatan dan Jawa Barat dan akan terus bergulir ke wilayah lainnya," tutur Haru.

Ia mengatakan, pihaknya berharap dengan sosialisasi ini seluruh pedagang pasar di seluruh Indonesia bisa mendapatkan kesempatan memiliki rumah dengan beberapa program-program stimulus yang diberikan oleh pemerintah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com