Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Wadah Makanan yang Tidak Boleh Dimasukkan ke Microwave

Kompas.com - 19/10/2022, 07:47 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Microwave sangat berguna untuk memasak dan memanaskan makanan dengan cepat. Namun, microwave dapat merusak makanan jika Anda tidak memahami wadah apa yang aman dan tidak aman untuk dimasukkan ke microwave.

Menurut Mary Jones, editor di CookyMom.com seperti dilansir Insider, Rabu (19/10/2022), microwave adalah salah satu peralatan dapur paling berguna dan populer dalam sejarah.

Jones menuturkan, meskipun telah terbukti sangat bermanfaat, ada kecenderungan bahwa microwave dapat menyebabkan masalah seperti kebakaran, terutama ketika Anda meletakkan wadah yang salah di dalamnya.

Baca juga: Catat, Ini Lokasi Terbaik Meletakkan Microwave di Dapur

Ilustrasi wadah styrofoam. FREEPIK/RAWPIXEL.COM Ilustrasi wadah styrofoam.

Namun, jangan khawatir. Anda dapat dengan mudah menghindari kegagalan dapur dengan meluangkan waktu sejenak untuk mempertimbangkan wadah makanan yang Anda gunakan.

Berikut beberapa wadah makanan yang tidak boleh dimasukkan ke microwave.

1. Wadah styrofoam

Styrofoam adalah jenis plastik yang tersedia dalam berbagai bentuk, mulai dari wadah makanan untuk dibawa pulang hingga kemasan kacang.

Meskipun Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) menganggap styrofoam aman untuk kontak dengan makanan, dan ada beberapa wadah styrofoam yang ditandai sebagai aman untuk microwave, sebaiknya hindari memasukkan styrofoam ke dalam microwave.

Baca juga: Microwave Oven Grill, Solo, dan Convection, Apa Perbedaannya?

Ron Shimek, presiden direktur Mr. Appliance menjelaskan, meskipun styrofoam biasanya digunakan untuk menjaga makanan dan minuman tetap hangat karena isolasi yang disediakan, styrofoam tidak bereaksi dengan baik terhadap suhu tinggi yang dipancarkan oleh microwave. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com