Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Mesin Cuci Bukaan Depan Pakai Cuka dan Baking Soda

Kompas.com - 15/10/2022, 07:14 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mesin cuci bukaan depan dirancang untuk mencuci pakaian dengan cepat dengan sedikit usaha. Akan tetapi, mesin cuci bukaan depan membutuhkan perawatan rutin.

Dikutip dari Home Guides SF Gate, Sabtu (15/10/2022), seiring waktu, residu dari deterjen dan pelembut pakaian dapat menempel di bagian dalam mesin cuci.

Dalam cuaca yang hangat dan lembap, jamur dapat terbentuk, terutama jika Anda membiarkan pakaian basah di mesin cuci selama beberapa jam. Menjaga mesin cuci tetap segar dan bersih adalah langkah penting untuk menjaga cucian tetap segar.

Baca juga: Catat, 4 Tanda Mesin Cuci Harus Diganti

Ilustrasi mesin cuci, ilustrasi mesin pengering, ilustrasi ruang mencuci.Shutterstock/Pixel-Shot Ilustrasi mesin cuci, ilustrasi mesin pengering, ilustrasi ruang mencuci.

Berikut cara membersihkan mesin cuci bukaan depan dengan bahan yang ada di dapur, yakni cuka dan baking soda.

Cara membersihkan mesin cuci bukaan depan dengan baking soda

Larutkan 4 sendok makan baking soda dalam 4 gelas air hangat. Baking soda membersihkan dan menghilangkan bau tidak sedap.

Basahi kain atau spons bersih dengan larutan baking soda dan air, lalu bersihkan permukaan bagian dalam mesin cuci. Gosok perlahan jika residu menghalangi usaha Anda.

Tutup pintu dan jalankan mesin cuci melalui siklus pembilasan untuk menyelesaikan proses pembersihan dan membilas sisa baking soda. Larutan air dan baking soda meninggalkan residu putih seperti tepung di permukaan jika tidak dibilas dengan benar.

Baca juga: Deterjen Bubuk Vs Cair, Mana yang Lebih Baik untuk Mesin Cuci?

Cara membersihkan mesin cuci bukaan depan dengan cuka

Campurkan seperempat cangkir cuka suling putih dalam 1 liter air untuk membuat larutan untuk menghilangkan residu dari sabun atau minyak. Cuka memecah minyak dan menyegarkan mesin cuci.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com