Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menyimpan dan Memanaskan Kembali Sisa Makanan di Kulkas

Kompas.com - 12/10/2022, 21:38 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu cara mengurangi limbah makanan sehari-hari adalah menyimpan sisa makanan dalam kulkas dan mengonsuminya kembali dengan cara memanaskannya.

Namun, pastikan menyimpan dan memanaskannya kembali makanan tersebut dengan benar demi menghindari keracunan makanan. 

Baca juga: 9 Bahan Makanan yang Tidak Boleh Disimpan di Freezer

Jika tidak yakin, berikut aturan menyimpan sisa makanan dengan benar menurut para ahli dilansir dari Good Housekeeping, Rabu (12/10/2022). 

  • Pindahkan makanan dari wajan ke piring dangkal untuk memastikan sisa makanan cepat dingin. Jangan biarkan makanan keluar dari kulkas selama lebih dari dua jam.
  • Bagi makanan ke dalam porsi tersendiri (porsi yang lebih simple) saat memasukkannya ke kulkas atau freezer sehingga siap dibawa dan hindari memanaskan makanan dua kali karena dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri.
  • Saat memanaskan kembali makanan menggunakan microwave, pastikan mengaduk piring secara seluruhnya karena kemungkinan ada makanan yang masih dingin.

Setelah mengetahui cara menyimpan dan memanaskan makanan, berikut cara menyimpan dan memanaskan makanan sesuai dengan bahan makanannya. 

Baca juga: Catat, Ini Jenis Talenan Terbauk Berdasarkan Bahan Makanan

Ayam

Ilustrasi daging ayam beku. SHUTTERSTOCK/FENG YU Ilustrasi daging ayam beku.
Jika ingin menyimpan ayam sisa makan malam, masukkan ke wadah kedap udara. Tutup dan dinginkan hingga suhu kamar sebelum dimasukkan ke kulkas, lalu simpan hingga tiga hari.

Saat memanaskan ulang, pastikan suhunya 70 derajat Celsius atau lebih dan panaskan seluruhnya. Jika ayam dibekukan sebelum dimasak, ayam bisa dibekukan lagi setelah matang dan dingin. 

Baca juga: 18 Bahan Makanan yang Tidak Boleh Disimpan di Kulkas 

Daging merah

Daging yang sudah dimasak boleh dibiarkan di kulkas selama beberapa hari. Jika dipanaskan kembali, keluarkan dari kulkas ke suhu kamar sebelum melakukan pemanasan.

Anda bisa menggunakan microwave untuk memanaskan daging seperti sosis. Namun, terkadang ini dapat merusak tekstur steak dan daging panggang jika memanaskannya dengab microwave.

Sebagai gantinya, tempatkan daging tersebut dalam wajan selama beberapa menit di setiap sisi untuk menghangatkannya. 

Baca juga: Ini Bahan Makanan yang Tidak Boleh Disimpan Bersama Apel 

Kentang

Ilustrasi kentang segar, kentang rebusSHUTTERSTOCK/ NOVA INDAH Ilustrasi kentang segar, kentang rebus
Selama dibiarkan dingin dan disimpan dengan benar, kentang tidak akan membahayakan. Kentang yang dimasak dengan berbagai olahan (dihaluskan atau direbus) akan baik-baik saja di kulkas hingga tiga hari.

Cara terbaik memanaskan kembali kentang tanpa membuatnya basah adalah memasukkan ke oven atau dalam wajan kering, bukan microwave, agar tetap renyah. 

Baca juga: Ini Masa Simpan Bahan Makanan di Kulkas

Susu

Jika menggunakan susu sebagai bahan minuman atau makanan, simpan kembali dalam wadah tempat Anda membelinya dan masukkannya ke kulkas yang tertutup rapat secepat mungkin.

Namun, apabila sudah membaginya ke dalam botol atau mangkuk cantik agar terlihat lebih bagus saat disajikan, jangan masukkan kembali ke kemasan aslinya. Cukup bungkus rapat dan simpan dalam kulkas. 

Baca juga: Simak, Kesalahan dan Tips Menyimpan Susu di Kulkas 

Makanan kaleng

Setelah membuka makanan kaleng, sisa logam pada tepinya dapat larut ke dalam makanan dan meninggalkan rasa logam. Karena itu, masukkan sisa makanan ke wadah terpisah, tutup, dan dinginkan hingga tiga hari. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com