Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/07/2022, 18:21 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comKulkas yang kosong terlihat kurang menarik. Namun, mengisi kulkas terlalu penuh dengan berbagai bahan makanan juga tidak direkomendasikan. 

Hal ini lantaran bisa menyebabkan berbagai risiko buruk seperti produk saling bertumpuk dan berdempetan, mengurangi dan menghalangi sirkulasi udara, serta membuat makanan lebih cepat membusuk. 

Baca juga: Hindari, Ini Bahaya Mengisi Kulkas Terlalu Penuh Bahan Makanan

Selain itu, ada beberapa bahaya mengisi freezer terlalu penuh. Dilansir dari Appliance Analysts, Kamis (14/7/2022), berikut beberapa bahaya mengisi freezer terlalu penuh.

Tidak bekerja dengan efisien

Ilustrasi menyimpan sayuran di freezer. SHUTTERSTOCK/AHANOV MICHAEL Ilustrasi menyimpan sayuran di freezer.

Bahaya pertama mengisi freezer terlalu penuh adalah dapat membuatnya tidak bekerja dengan efisien. Freezer harus bekerja lebih keras menjaga makanan tetap dingin. 

Untuk.menjaga kulkas dan freezer tetap dingin, udara harus bersirkulasi dengan baik. Terlalu banyak bahan makanan dalam freezer dapat membuat udara sulit bersirkulasi.

Baca juga: Catat, 7 Bahan Makanan Ini Tidak Boleh Disimpan Dalam Freezer

Dengan demikian, makanan tidak akan dingin atau kulkas bekerja lebih keras untuk membuatnya tetap dingin.

Perhatikan barang-barang yang disimpan dalam freezer. Jika melihat beberapa celah di antara produk, artinya freezer masih bisa bekerja dengan baik.

Di sisi lain, jika setiap produk saling tumpuk bahkan diselipkan ke sudut-sudut, artinya freezer sudah terlalu penuh. Pada akhirnya, tidak bisa bekerja secara efisien. 

Baca juga: 5 Langkah Mudah dan Cepat Membersihkan Bunga Es di Freezer

Tagihan listrik membengkak

Ilustrasi freezer, menyimpan makanan di freezer.SHUTTERSTOCK/GRAHAM HUGHES Ilustrasi freezer, menyimpan makanan di freezer.

Freezer harus bekerja lebih keras jika terlalu banyak bahan makanan. Hal ini bisa membuat tagihan listrik dapat membengkak.

Jika masing-masing komponen harus bekerja lebih keras, freezer akan menggunakan lebih banyak listrik yang membuat tagihan listrik meningkat.

Baca juga: Jangan Lagi Masukkan Celana Jeans ke Dalam Freezer, Tak Ada Gunanya

Lupa produk yang disimpan

Mengisi freezer terlalu banyak produk dapat membuat kamu lupa dengan bahan makanan yang disimpan karena tertutup produk lain.

Untuk itu, sebelum pergi belanja, periksa freezer kembali untuk mencari tahu produk apa yang dibutuhkan dan yang sudah dimiliki. Tentunya, hal ini lebih mudah dilakukan jika freezer tidak dipenuhi dengan banyak produk. 

Baca juga: 6 Pilihan Wadah Makanan yang Dapat Digunakan di Freezer

Merusak makanan

Ilustrasi bunga es menumpuk dalam freezer. SHUTTERSTOCK/PAPARACY Ilustrasi bunga es menumpuk dalam freezer.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com