Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Bahaya Mengisi Freezer Terlalu Penuh Bahan Makanan

Hal ini lantaran bisa menyebabkan berbagai risiko buruk seperti produk saling bertumpuk dan berdempetan, mengurangi dan menghalangi sirkulasi udara, serta membuat makanan lebih cepat membusuk. 

Selain itu, ada beberapa bahaya mengisi freezer terlalu penuh. Dilansir dari Appliance Analysts, Kamis (14/7/2022), berikut beberapa bahaya mengisi freezer terlalu penuh.

Bahaya pertama mengisi freezer terlalu penuh adalah dapat membuatnya tidak bekerja dengan efisien. Freezer harus bekerja lebih keras menjaga makanan tetap dingin. 

Untuk.menjaga kulkas dan freezer tetap dingin, udara harus bersirkulasi dengan baik. Terlalu banyak bahan makanan dalam freezer dapat membuat udara sulit bersirkulasi.

Dengan demikian, makanan tidak akan dingin atau kulkas bekerja lebih keras untuk membuatnya tetap dingin.

Perhatikan barang-barang yang disimpan dalam freezer. Jika melihat beberapa celah di antara produk, artinya freezer masih bisa bekerja dengan baik.

Di sisi lain, jika setiap produk saling tumpuk bahkan diselipkan ke sudut-sudut, artinya freezer sudah terlalu penuh. Pada akhirnya, tidak bisa bekerja secara efisien. 

Freezer harus bekerja lebih keras jika terlalu banyak bahan makanan. Hal ini bisa membuat tagihan listrik dapat membengkak.

Jika masing-masing komponen harus bekerja lebih keras, freezer akan menggunakan lebih banyak listrik yang membuat tagihan listrik meningkat.

Lupa produk yang disimpan

Mengisi freezer terlalu banyak produk dapat membuat kamu lupa dengan bahan makanan yang disimpan karena tertutup produk lain.

Untuk itu, sebelum pergi belanja, periksa freezer kembali untuk mencari tahu produk apa yang dibutuhkan dan yang sudah dimiliki. Tentunya, hal ini lebih mudah dilakukan jika freezer tidak dipenuhi dengan banyak produk. 

Jika freezer dibiarkan menampung terlalu banyak produk, makanan yang berada di dalamnya bisa rusak serta kehilangan kualitas seiring waktu sehingga mempengaruhi tampilan, aroma, tekstur, dan rasa.

Apabila makanan memiliki warna abu-abu, ini adalah tanda makanan mengalami freezer burn. Ada sejumlah alasan mengapa hal ini terjadi.

Pertama, kemasan mungkin rusak sehingga makanan menjadi kering. Kedua, makanan sudah terlalu lama berada dalam freezer. 

Ketiga, meletakkan produk terlalu dekat dengan salah satu elemen pendingin. 

Untuk menghindari hal ini, jangan memasukkan beban berlebih pada freezer. Ini dapat membuat salah satu produk terlalu dekat dengan elemen pendingin.

Memaksa menaruh banyak bahan makanan dalam freezer pun dapat merusak kemasan serta menyebabkan  freezer purn. 

Mengisi freezer terlalu banyak bahan makanan dapat membuat kamu lebih sering mencairkan freezer. Seiring waktu, setiap lapisan es akan terkumpul dalam freezer.

Apabila freezer memiliki terlalu banyak barang, akan ada lebih sedikit lokasi bagi lapisan es untuk terkumpul. Walhasil, membuat lapisan es jauh lebih besar dalam waktu lebih singkat. 

Situasi ini dapat menimbulkan berbagai masalah seperti freezer tidak berfungsi baik atau tagihan listrik meningkat serta proses mencairkan freezer lebih rumit.

Merusak dan memperpendek usia freezer

Alasan lain tidak boleh mengisi freezer terlalu penuh adalah dapat memblokir ventilasi udara, membatasi sirkulasi udara, dan membuat kompresor harus bekerja lebih keras.

Ini semua merupakan masalah potensial yang dapat memperpendek umur freezer. Pada akhirnya, perlu mengganti kulkas baru. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/07/14/182100276/6-bahaya-mengisi-freezer-terlalu-penuh-bahan-makanan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke