Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Expo Clean & Expo Laundry 2022, Hadirkan Inovasi Produk Kebersihan

Kompas.com - 06/10/2022, 14:10 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perekonomian global mengalami tekanan berat selama 2,5 tahun terakhir akibat pandemi, termasuk perekonomian Indonesia.

Hal ini juga mengakibatkan perubahan dan pergeseran paradigma, dari kehidupan sehari hari hingga lini usaha. 

Baca juga: 3 Tips Memilih Peralatan Pembersih Rumah yang Tepat

Selama pandemi, kebersihan menjadi prioritas utama dan terus berlanjut hingga menjadi norma standar pada masa sekarang. 

Fasilitas umum, pelayanan masyarakat, serta gedung dan ruang publik memiliki kriteria dan standar baru untuk peningkatan mutu kebersihan juga sanitasi.

Sementara, di sisi laundri, pengusaha juga berusaha meningkatkan kualitas dan hasil, bukan hanya dalam kapasitas laundri komersial dan industrial, tapi juga outlet laundri ritel seperti coin laundry dan kilo laundri. 

Baca juga: Penyebab Ruang Mencuci Bau Apak dan Cara Mengatasinya

H.M Shiddiq, Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Klining Servis Indonesia (APKLINDO) mengatakan meningkatkan kualitas tidak hanya dengan dukungan produk atau teknologi yang membantu proses kerja klining di berbagai sektor, tapi juga kompetensi dari tenaga kerja yang melaksanakan, terutama dengan pelatihan dan sertifikasi. 

Dengan begitu, dipastikan penggunaan teknologi dan pengetahuan mengenai kebersihan dapat optimal. 

Hal senada juga diungkapkan Asosiasi Profesi Laundry Indonesia (APLI). Ia mengatakan tuntutan pasar akan jasa laundri yang bermutu dan memenuhi standar kesehatan turut mengubah peta dan pola kerja industri laundri nasional. 

Baca juga: 5 Tanda Mesin Cuci Mulai Bermasalah, Apa Saja?

Terutama pada usaha laundri yang melayani sektor pariwisata dan fasilitas kesehatan. Standar dan kriteria pelanggan semakin tinggi. Meningkatkan mutu tentunya dengan menggunakan bahan pembersih berkualitas, mesin proses andal, proses kerja baik, dan ketepatan waktu layanan.

"Expo Laundry menjadi momen tepat dan sepatutnya dimanfaatkan para pelaku usaha untuk mendapatkan update dan informasi produk dan teknologi,” kata Wasono Rahardjo, Ketua Umum APLI. 

Expo Clean & Expo Laundry telah diselenggarakan sejak 2014 oleh PT Media Artha dan seiring berkembangnya industri cleaning dan laundri di Indonesia. 

Baca juga: Cara Mencuci Pakaian Putih dan Berwarna agar Tetap Awet dan Tak Kusam

Kegiatan ini terus menjadi pendamping untuk mengantisipasi kebutuhan industri sehingga dapat menghadirkan produk, teknologi, dan solusi yang dibutuhkan.

"Kali ini, salah satu peserta pameran Expo Clean, PT Kawan Lama Sejahtera, meluncurkan produk baru dari Nilfisk. Kami berharap Expo Clean & Expo Laundry dapat menjadi sinergi antara principal, importir, distributor, dan pengguna barang dan jasapada platform yang komprehensif,” imbuh Teddy Halim, Direktur PT Media Artha Sentosa.

Expo Clean & Expo Laundry 2022 berlangsung selama 5-7 Oktober di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat.

Acara ini menghadirkan lebih dari 100 nama-nama terkemuka di bidang cleaning dan laundry dari 15 negara. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com