Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/09/2022, 19:27 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Mr Right

JAKARTA, KOMPAS.com - Mesin cuci menjadi salah satu peralatan elektronik yang paling diandalkan di rumah, bahkan mendominasi penggunaan sehari-hari. 

Namun, sama dengan peralatan elektronik umumnya, mesin cuci juga memiliki batas masa pemakaian, terlebih bila digunakan setiap hari. 

Baca juga: Tanda-tanda Mesin Cuci Perlu Dibersihkan

Usia penggunaan ini bisa semakin pendek dan tahan lama bila mendapat perawatan yang memadai. Karena itu, sangat disarankan menjaga kondisi mesin cuci. Apakah bermasalah atau tidak? 

Untuk membantu Anda mengetahuinya, berikut tanda mesin cuci mulai bermasalah dilansir dari Mr. Right, Jumat (30/9/2022).  

Mengeluarkan suara saat proses pencucian

Ilustrasi mesin cuci, ilustrasi mesin pengering, ilustrasi ruang mencuci.Shutterstock/Pixel-Shot Ilustrasi mesin cuci, ilustrasi mesin pengering, ilustrasi ruang mencuci.
Tanda pertama adalah muncul suara saat proses mencuci pakaian. Namun, suara ini tidak akan menunjukkan masalah apabila secara tidak sengaja meninggalkan banyak koin di saku celana. 

Dalam beberapa kasus, semua yang diperlukan adalah memisahkan tumpukan muatan sehingga tersebar lebih efektif. Alternatif lain, memposisikan ulang mesin cuci agar lebih rata di lantai.   

Baca juga: Mesin Cuci Bau Apek? Begini Cara Membersihkannya

Air bocor dari mesin cuci

Mesin cuci harus membersihkan pakaian, bukan menyebabkan banjir. Jika melihat ada genangan air saat menggunakan mesin cuci, berhenti memakainya sampai mengetahui apa yang terjadi.

Kemungkinan masalah adalah selang mesin cuci pakaian atau sambungan bocor dengan pasokan air. Pastikanmembersihkan air sesegera mungkin karena kelembapan dapat memenuhi bagian lantai.   

Baca juga: Trik Mencuci Pakaian Berbahan Jeans di Mesin Cuci agar Tetap Awet

Mesin cuci tiba-tiba mati

Ilustrasi mesin cuci.PlanetCare/ Unsplash Ilustrasi mesin cuci.
Jika mesin cuci tidak menyala dengan cara apa pun, itu bukan karena masalah sumber listrik. Hal ini ada hubungannya dengan kabel yang rusak pada mesin. 

Hindari mencoba menyelesaikannya sendiri. Sebaiknya hubungi profesional untuk mengatasi salah satu tanda paling sering yang membuat mesin cuci rusak.  

Baca juga: Kenapa Mesin Cuci Tidak Bisa Berputar? Berikut Ragam Penyebabnya

Drum cuci atau pengeringan tidak berputar

Drum cuci atau pengeringan tidak berputar bisa disebabkan tumpukan pakaian yang tidak rata. Artinya, drum memiliki banyak pakaian atau terlalu sedikit.

Selain itu, hal ini juga bisa disebabkan adanya masalah dengan sabuk atau sakelar penutup. Untuk itu, segera mengganti sabuk. 

Baca juga: Catat, 4 Barang yang Tidak Boleh Dimasukkan ke Pengering Mesin Cuci

Air tidak diisi dengan benar di drum

Drum adalah bagian penting dari mesin cuci dan harus berfungsi sepenuhnya. Jika mengamati drum tidak terisi air menjelang awal siklus, artinya ada berbagai masalah yang terjadi pada drum.

Mulai dari, adanya tekukan di selang, saluran air telah rusak, katup pemasukan air yang rusak, hingga saluran pencuci pakaian yang macet.

Namun, apabila tidak menemukan masalah setelah memeriksanya, hubungi teknisi mesin cuci untuk mengatasinya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com