Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/10/2022, 07:13 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Daily Paws

JAKARTA, KOMPAS.com – Jalan-jalan bersama anjing peliharaan bisa menjadi momen untuk mempererat hubungan persahabatan sekaligus memungkinkannya berolahraga dan bersenang-senang.

Saat mengajak sahabat bulu jalan-jalan, mungkin kamu memerhatikan mereka mengendus apa pun yang dilaluinya, mulai dari jalanan, rerumputan, pepohonan, hingga orang atau hewan lain yang dilewatinya.

Baca juga: Ketahui, 3 Tips Memilih Pelatih Anjing yang Tepat

Bagi beberapa pemilik anjing, mereka mungkin hanya memiliki sedikit waktu untuk mengajak anjing jalan-jalan. Walhasil, kegiatan mengendus terasa seperti cukup membuang waktu.

Akan tetapi, mengendus sangatlah penting bagi anjing, seperti yang dituturkan konsultan perilaku anjing dan ketua pelatih hewan di Fear Free, Mikkel Becker.

Alih-alih melihat atau menikmati pemandangan, cara utama bagi anjing untuk mengalami dan menemukan kegembiraan di dunianya adalah melalui hidung. Bagi anjing, penciuman adalah segalanya, ujarnya, dikutip dari Daily Paws, Kamis (6/10/2022).

Ilustrasi anjing Doberman pinscher. PIXABAY/Alexas_Fotos Ilustrasi anjing Doberman pinscher.

Menurut Becker, pemilik perlu membiarkan anjing sering mengendus saat berjalan-jalan karena perilaku ini mirip seperti ketika manusia memeriksa media sosial atau situs berita. Anjing mengendus untuk menemukan wawasan yang baru dan penting.

Baca juga: 10 Ras Anjing yang Suka Bermain, dari Corgi sampai Bulldog

Indera penciuman anjing yang luar biasa

Indra penciuman anjing lebih kuat daripada manusia. Sementara itu, manusia mengandalkan kemampuan sensorik anjing dalam banyak situasi hidup atau mati.

Beberapa di antaranya adalah operasi pencarian dan penyelamatan, serta deteksi penyakit. Bahkan, anjing peliharaan yang suka bersantai di sofa pun memiliki indera penciuman yang kuat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com