Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini 5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Anjing Peliharaan

Kompas.com - 30/09/2022, 12:15 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Minyak kelapa memiliki ragam manfaat yang telah banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan, dari kesehatan, kecantikan, hingga membersihkan rumah

Diekstrak dari kelapa matang, minyak kelapa adalah minyak nabati yang sering ditemukan  dalam makanan maupun produk kecantikan. 

Baca juga: Apakah Minyak Kelapa Aman untuk Anjing? Ini Penjelasannya

Minyak kelapa diklaim lebih sehat dibanding minyak sayur atau goreng. Hal ini karena minyak kelapa tinggi lemak jenuh dan trigliserida rantai menengah—suatu bentuk asam lemak jenuh dengan beberapa manfaat kesehatan, dari manajemen berat badan hingga meningkatkan fungsi kognitif.

Tak hanya untuk manusia, minyak kelapa juga berkhasiat bagi hewan peliharaan seperti anjing. Minyak kelapa dapat meredakan masalah perut, menenangkan kulit yang teriritasi, mencegah infeksi, dan mengurangi reaksi alergi pada anjing.

Namun, sebelum memberikannya pada anjing peliharaan, pastikan telah berkonsultasi dengan dokter hewan dan mempertimbangkan pro dan kontranya. 

Nah, dilansir dari The Spruce Pets, Jumat (30/9/2022), berikut lima manfaat minyak kelapa untuk anjing. 

Baca juga: 3 Jenis Noda yang Bisa Dibersihkan dengan Minyak Kelapa

Menurunkan berat badan dan meningkatkan energi

Ilustrasi anjing Maltese. Shutterstock/Evgeniia Shikhaleeva Ilustrasi anjing Maltese.
Minyak kelapa bisa ditambahkan ke dalam makanan anjing peliharaan untuk mengembalikan keseimbangan aktivitas tiroid. Artinya, minyak kelapa membantu menurunkan berat badan pada anjing yang obesitas dan meningkatkan energi. 

Penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat meningkatkan penyerapan nutrisi, membantu mengatasi gangguan pencernaan, seperti sindrom radang usus dan kolitis, serta mengurangi peradangan secara keseluruhan di dalam tubuh. 

Baca juga: Hati-hati, Obesitas pada Anjing dan Kucing Sebabkan Osteoarthritis

Namun, manfaat minyak kelapa untuk anjing ini harus digunakan dalam jumlah sedang karena kadar lemak jenuhnya yang tinggi. Untuk anjing kecil, berikan tidak lebih dari 1/4 sendok teh minyak kelapa, sedangkan anjing besar sekitar satu sendok makan.

Pastikan anjing peliharaan tidak memiliki masalah berat badan atau jenis yang rentan terhadap pankreatitis. Sebab, kandungan lemak jenuh minyak kelapa yang tinggi dapat menyebabkan penambahan berat badan jika tidak digunakan dengan benar.

Pastikan menggunakan minyak kelapa organik, virgin, dan cold-pressed serta segera berhenti memberikannya apabila melihat tanda-tanda gangguan perut pada anjing peliharaan seperti diare atau reaksi alergi. 

Baca juga: 5 Penyebab Anjing Rottweiler Kurus, Apa Saja?

Melembapkan dan melembutkan bulu anjing

Ilustrasi minyak kelapa. FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi minyak kelapa.
Selanjutnya, manfaat minyak kelapa untuk anjing adalah membantu melembapkan kulit, terutama pada cuaca dingin yang ekstrem, dan mencegah pengelupasan atau tanda-tanda iritasi lainnya.

Sementara itu, pada anjing peliharaan yang sudah memiliki kulit kering atau bersisik, minyak kelapa dapat meningkatkan kadar lipid pada permukaan kulit.

Cukup gosokkan sedikit ke tangan Anda, lalu usapkan ke tubuh anjing, dan pijat lembut. Minyak kelapa juga dapat membantu bulu anjing lebih halus dan berkilau serta menghilangkan kutu dan hama. 

Baca juga: 10 Ras Anjing yang Mirip Shih Tzu, Penampilannya Menggemaskan

 

Memudahkan anjing minum obat 

Memberikan obat pada anjing peliharaan dapat menjadi tugas berat. Untungnya, manfaat minyak kelapa untuk anjing dapat digunakan sebagai trik praktis membantu sahabat bulu meminum obat. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com