Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 26/07/2023, 14:04 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi salah satu peralatan utama memasak di dapur, kompor harus bisa menjalankan tugasnya dengan baik.

Karena itu, hal utam yang dilakukan adalah memilih kompor yang berkualitas. Saat ini, kompor gas menjadi jenis kompor yang banyak digunaka masyarakat Indonesia. 

Baca juga: Modena Luncurkan Kompor Terinspirasi Iron Man

Selain kompor gas, kompor listrik atau induksi juga banyak digunakan. Lantas, apa yang membedakan kompor gas dan kompor induksi?

Ilustrasi memasak dan menghangatkan makanan dengan kompor gas. SHUTTERSTOCK/BEBOOPAI Ilustrasi memasak dan menghangatkan makanan dengan kompor gas.

Bagus Prastowo, Direktur MODENA, menjelaskan perbedaan utama antara kompor gas dan listrik ada pada sumber energinya. Kompor gas menggunakan LPG atau LNG, sedangkan kompor listrik mengandalkan daya listrik.

"Kompor induksi merupakan tipe kompor listrik. Uniknya, jika kompor listrik biasa memakai listrik untuk memanaskan bidang elemen pemanas, kompor induksi menggunakan gelombang elektromagnetik untuk memanaskan panci atau wajan secara langsung," ucap Bagus kepada Kompas.com.

Baca juga: Keuntungan Memasak dengan Kompor Induksi, Lebih Aman dan Hemat

Bagus menambahkan, dalam segi waktu dan energi, pemakaian kompor induksi lebih efisien karena mampu memanaskan panci atau wajan secara langsung sehingga membuat masakan lebih cepat matang dan energi yang terbuang lebih sedikit. 

Bahkan, Bagus mengatakan riset internal yang dilakukan MODENA menunjukkan bahwa penghematan yang didapat sekitar 30 persen meski hasil akan bervariasi, tergantung penggunaan masing-masing.  

Baca juga: Berapa Ketinggian Cooker Hood yang Ideal dari Kompor?

1. Perbedaan waktu dan alat memasak 

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com