Kompas.com - 30/09/2022, 07:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggunaan kompor listrik dan kompor induksi kini semakin populer. Beberapa alasan orang menggunakan kompor induksi dan kompor listrik adalah lebih hemat dan aman.

Akan tetapi, apakah benar memasak dengan kompor induksi lebih menguntungkan? Dilansir Femina India, Jumat (30/9/2022), berikut beberapa keuntungan memasak dengan kompor induksi yang perlu diketahui.

1. Penggunaan energi lebih efisien

Kompor induksi tidak memiliki tungku di bawahnya, tidak seperti kompor gas atau bahkan kompor listrik. Induksi menggunakan energi elektromagnetik untuk memasak dengan peralatan masak secara langsung.

Baca juga: Berapa Ketinggian Cooker Hood yang Ideal dari Kompor?

Ilustrasi panci besi, alat masak yang bisa pakai di kompor induksi.Dok. Shutterstock/ Proxima Studio Ilustrasi panci besi, alat masak yang bisa pakai di kompor induksi.

Adapun kompor gas atau kompor listrik memanaskan makanan secara tidak langsung, meneruskan energi radiasi ke makanan.

Transfer energi langsung adalah cara memasak yang jauh lebih efisien.

Oleh sebab itu, kompor induksi mengubah hampir 80 persen energi elektromagnetiknya menjadi makanan dibandingkan dengan hanya 40 persen energi tungku yang ditransfer ke makanan dalam kompor gas.

2. Kompor induksi lebih serbaguna dan cepat panas

Saat menggunakan kompor induksi, Anda dapat memilih suhu yang Anda inginkan untuk memasak makanan. Selain itu, kompor induksi mencapai suhu yang lebih tinggi jauh lebih mudah, tidak seperti kompor gas.

Baca juga: Ini Posisi Tepat Meletakkan Kompor dan Wastafel di Dapur

Oleh karena itu, kompor induksi dapat mencapai rentang suhu yang lebih luas dengan kecepatan yang jauh lebih cepat. Ini tentu akan menghemat waktu memasak.

3. Kompor induksi lebih aman

Saat Anda memasak dengan kompor induksi, karena kompor ini sebenarnya tidak memiliki tungku dan menggunakan energi elektromagnetik untuk memanaskan makanan, kompor tidak menjadi panas sama sekali.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.