Kompas.com - 04/10/2022, 13:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menghabiskan waktu bersama anjing peliharaan memberikan sejumlah manfaat, dari menghilangkan stres, mengusir kebosanan, hingga memberikan kebahagiaan. 

Tak heran, banyak pemilik anjing bermain atau meringkuk bersama sahabat bulu setelah seharian bekerja. 

Baca juga: 10 Ras Anjing yang Suka Bermain, dari Corgi sampai Bulldog

Rupanya, manfaat yang diperoleh lebih dari sekadar pelukan anak anjing dan kegembiraan, yakni berdampak positif bagi kesehatan fisik pemiliknya. 

Dilansir dari Mental Floss, Selasa (4/10/2022), sebuah studi yang dilakukan National Center for Biotechnology Information menemukan bahwa membelai anjing peliharaan dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Temuan yang mereka sebut sebagai "Efek Hewan Peliharaan" ini adalah hasil penelitian terhadap 60 mahasiswa yang memantau tekanan darah dan detak jantung mereka saat bermain bersama sahabat bulu. 

Baca juga: Ketahui, Ini Penyebab Telinga Anjing Terkulai

Ilustrasi anjing Maltese, Ilustrasi anjing putih.Unsplash/dole777 Ilustrasi anjing Maltese, Ilustrasi anjing putih.
Walhasil, ditemukan bahwa mereka yang memelihara anjing memiliki tekanan darah lebih rendah daripada hanya berbicara atau berinteraksi secara verbal. 

Hal ini berarti bahwa sentuhan adalah faktor kunci memperoleh manfaat terbesar dari interaksi antara manusia dan anjing peliharaan. 

Hasil penelitian ini mungkin tidak mengejutkan bagi para ilmuwan yang sebelumnya juga telah menelusuri manfaat kesehatan dari mempunyai hewan peliharaan di rumah. 

Baca juga: Studi Ungkap Memelihara Anjing Bisa Memperpanjang Usia

Sebelumnya, sebuah penelitian pada 1995 yang dilakukan Erika Friedman di University of Maryland Hospital, Amerika Serikat, menunjukkan bahwa pasien serangan jantung yang memiliki anjing peliharaan delapan kali lebih mungkin untuk tetap hidup setahun setelah dipulangkan daripada mereka yang tidak memiliki anjing. 

Tak hanya menurunkan tekanan darah, bermain dan membelai anjing peliharaan juga menawarkan beragam manfaat, di antaranya mengusir kesepian serta menghilangkan stres dan depresi, yang mana semua ini dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah. 

Baca juga: 5 Mitos tentang Anjing yang Tidak Perlu Dipercaya

Sama dengan hormon serotonin yang meningkat dan membuat seseorang merasa rileks, hormon kortisol juga diturunkan dan mengurangi stres.

Tak heran, berbagai hasil penelitian tentang anjing ini semakin menunjukkan bahwa memelihara anjing memiliki manfaat positif bagi kesehatan sekaligus menegaskan anjing adalah sahabat manusia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.