Kompas.com - 29/09/2022, 07:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Cooker hood tidak hanya menambah gaya pada dapur, tetapi juga menyedot asap dan bau dari area dapur. Namun demikian, cooker hood dapat berfungsi dengan baik asalkan dipasang dengan benar.

Dilansir Home Cook World, Kamis (29/9/2022), ada lebih dari satu faktor yang perlu dipertimbangkan saat memutuskan di mana dan bagaimana memasang cooker hood di dapur. Salah satunya adalah ketinggian cooker hood, yakni jarak antara bagian atas kompor dan bagian bawah cooker hood.

Saat melengkapi dapur, ketinggian cooker hood yang tepat membuat perbedaan. Cooker hood yang dipasang terlalu tinggi akan kesulitan mengeluarkan semua asap.

Baca juga: Tips Memilih Cooker Hood agar Tidak Salah Beli

tips memilih cooker hood, Ilustrasi range hood atau pengisap asap dapur.SHUTTERSTOCK/PAUL VINTEN tips memilih cooker hood, Ilustrasi range hood atau pengisap asap dapur.

Adapun jika cooker hood dipasang terlalu rendah dapat dengan mudah rusak dan menimbulkan bahaya kebakaran.

Ketinggian cooker hood yang ideal

Produksen cooker hood memberikan rentang ketinggian yang ideal daripada ketinggian tertentu karena tidak ada dapur yang sama. Jika Anda memasang cooker hood dalam kisaran ini, itu dapat mengeluarkan asap dari dapur tanpa terlalu dekat dengan kompor.

Sebagian besar cooker hood harus dipasang pada ketinggian 20 hingga 24 inci atau 51 hingga 61 cm di atas kompor listrik, 24 hingga 30 inci atau 61 hingga 76 cm di atas kompor gas, dan 30 hingga 34 inci atau 76 hingga 86 cm di atas kompor induksi.

Ingat bahwa ini hanya aturan praktis dan Anda tidak boleh mendasarkan pemasangan cooker hood pada itu saja. Untuk instruksi khusus, lihat rekomendasi produsen untuk merek dan model cooker hood Anda. 

Baca juga: Fungsi dan Cara Kerja Cooker Hood di Dapur, Perlukah Memilikinya?

Bagaimana jika memasang cooker hood terlalu tinggi atau rendah?

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan jika Anda memasang cooker hood terlalu tinggi atau rendah, antara lain sebagai berikut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.