Kompas.com - 04/10/2022, 13:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - American Kennel Club (AKC), Badan Pengasuhan Anjing Amerika Serikat, memiliki tujuh kelompok anjing yang digunakan untuk mengkategorikan ras anjing berdasarkan berbagai karakteristiknya, dua si antaranya anjing pekerja dan penggembala. 

Kedua kelompok anjing ini kerap dianggap sama lantaran masing-masing melakukan pekerjaan yang membantu manusia, dari menarik barang, menjaga ternak, mencari buruan, hingga menjadi anjing penjaga

Padahal, kelompok anjing pekerja dan penggembala mempunyai sejumlah perbedaan. Berikut perbedaan anjing pekerja dan penggembala dilansir dari Cuteness, Selasa (4/10/2022). 

Baca juga: 10 Ras Anjing yang Mirip Shih Tzu, Penampilannya Menggemaskan 

Anjing pekerja

Ilustrasi anjing Doberman pinscher. PIXABAY/YamaBSM Ilustrasi anjing Doberman pinscher.
Anjing dalam kelompok pekerja dibiakkan untuk melakukan pekerjaan bagi manusia seperti menjaga, penyelamatan air, serta menarik kereta luncur dan gerobak.

Dalam kelompok ini, tidak ada ras anjing kecil. Ras anjing pekerja berkisar dari ukuran sedang hingga raksasa. Salah satu ras terkecil adalah German pinscher dengan tinggi 43-50 inci dan berat 11-20 kilogram.  

Ada banyak ras anjing besar dan raksasa  dalam kelompok pekerja ini, termasuk Great dane,  Mastiff, Rottweiler, juga Doberman pinscher. 

Temperamen anjing dalam kelompok kerja cenderung waspada, protektif, dan menjaga. Mereka kuat secara fisik untuk menjalankan fungsinya dan cenderung cukup cerdas seperti Doberman juga Rottweiler. 

Baca juga: 10 Ras Anjing yang Suka Bermain, dari Corgi sampai Bulldog

Pertimbangan anjing pekerja

Ilustrasi anjing Great dane.PIXABAY/Ralphs_Fotos Ilustrasi anjing Great dane.
Anjing dari kelompok kerja membutuhkan pelatihan dan sosialisasi untuk menjadi anjing peliharaan keluarga yang baik. 

Namun, anjing pekerja bukan pilihan terbaik bagi pemilik anjing yang tidak berpengalaman. Akan tetapi, Anda dapat menghubungi pelatih profesional jika memerlukan bantuan untuk menangani anjing-anjing ini.

Untuk menjaga tetap sehat dan bahagia secara mental, anjing pekerja membutuhkan pekerjaan, tapi tidak perlu pekerjaan tradisional yang dulu dilakukan. Pertimbangkan aktivitas seperti kelincahan, menarik kereta, trik pelatihan, dan permainan aroma. 

Baca juga: Sejarah Hubungan Anjing Dalmatian dan Pemadam Kebakaran 

Halaman:
Sumber Cuteness


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.