Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mendesain Ruang Tamu Terbuka Menurut Desainer Interior

Kompas.com - 29/09/2022, 15:34 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang tamu dengn konsep terbuka menjadi desain yang saat ini banyak digunakan orang, terlebih rumah dengan area terbatas. 

Selain itu, desain terbuka dikagumi karena mempunyai estetika kontemporer serta membuat ruangan terlihat lebih cerah dan besar. 

Baca juga: 5 Tips Memilih Ubin Lantai Ruang Tamu

Rozit Arditi, Pemimpin di Arditi Design mengatakan saat mendesain ruang tamu berkonsp terbuka, cara terbaik adalah memecah ruang dengan karpet.

"Ini menciptakan definisi untuk setiap bagian dan memberikan perasaan tetap berada di ruangan yang sama meski terpisah," ucapnya dilansir dari Homes and Gardens, Kamis (29/9/2022)

Elizabeth Sesser, Direktur Studio di Ike Kligerman Barkley, menambahkan, ketika mendesain ruang tamu dengan denah terbuka, Anda dapat menggunakan furnitur dan karpet area untuk membuat ruang terpisah di dalamnya. 

Baca juga: 10 Cara Cerdas Menata dan Mendekorasi Ruang Tamu

Ilustrasi ruang keluarga bernuasa putih, ilustrasi ruang tamu terbuka.SHUTTERSTOCK/2M media Ilustrasi ruang keluarga bernuasa putih, ilustrasi ruang tamu terbuka.
Karpet adalah tempat bagus untuk memulai karena menetapkan batas untuk area tertentu. Solusi ini menawarkan kesan ruangan terpisah. Misalnya, memberikan batas antara dapur dan ruang tamu atau memisahkan diri dari ruang kerja.

Sementara itu, Michael Cox, Kepala di Foley & Cox, merekomendasikan penggunaan dua karpet (satu padat dan satu bergaris atau berpola) untuk menentukan zona dalam denah terbuka secara langsung.  

Selain penggunaan karpet, para desainer merekomendasikan menggunakan furnitur besar untuk menjadi pembatas atau penghalang alami di ruang tamu terbuka.

Baca juga: 8 Ide Dekorasi Ruang Tamu Warna Beige, Cocok untuk Berbagai Gaya 

Ini dapat berupa rak buku dua sisi atau pembatas ruangan berornamen yang dapat mengubah suasana. 

"Menggunakan furnitur yang lebih besar seperti rak buku dua sisi atau layar dekoratif dapat membantu membagi ruang lebih jauh sambil memberikan privasi dari satu area ke area berikutnya," imbuh Elizabeth. 

Cara lain, menggunakan meja konsol atau sofa untuk membagi ruang. "Saya juga telah merancang denah lantai terbuka dengan beberapa sofa untuk membantu menggambarkan areamembaca dan menonton televisi," tambah Rozit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com