Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Penjahit Kostum Kucing Mencari Inspirasi Model Baju

Kompas.com - 07/09/2022, 15:20 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Fredi Lugina Priadi memutuskan beralih profesi dari guru honorer menjadi penjahit kostum kucing pada 2017.

Pria asal Desa Jampang, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, ini mengungkapkan bahwa ide tersebut pertama kali dicetuskan keponakannya setelah usaha menjahitnya sepi pesanan selama beberapa tahun. 

Baca juga: Bisnis Kostum Kucing Tembus Pasar Luar Negeri

 “Ponakan kasih usulan, coba bikin baju kucing. Saya coba buat baju kucing,” jelasnya dalam talk show daring di media sosial Kompas.com bertajuk “Inspirasi+62 – Ep 4: Bisnis Busana Kucing, Ide dari Mana?”, Jumat (2/9/2022).

Fredi mengungkapkan ia sudah memiliki keahlian menjahit sejak SMP. Pada sekitar 2014, Fredi mengikuti kursus menjahit untuk semakin mengasah keterampilannya. 

Seekor kucing menggunakan kostum kucing buatan Fredi Lugina.dok. Fredi Lugina Seekor kucing menggunakan kostum kucing buatan Fredi Lugina.

“Lebih-kurang tiga bulan saya ikut kursus dasar untuk menjahit. Pakaian manusia dan kucing jelas berbeda, dari garis-garis dan polanya jauh berbeda. Sebetulnya, buat baju kucing karena coba-coba melalui trial and error,” ucapnya.

Mulanya, Fredi hanya membuat kostum kucing dengan desain tidak rumit pada 2017. Modelnya pun cukup sederhana, yakni kemeja dan kaus. 

Baca juga: Syarat-syarat Grooming Kucing yang Harus Dipenuhi

Memasuki 2018, dirinya mencoba membuat kostum karakter yang dilengkapi tangan palsu. Dari sinilah, model-model karakter lain mulai dikembangkan.

Selama pembuatan kostum, Fredi mengungkapkan setiap barang akan dicoba untuk dikenakan pada kucing-kucing di sekitarnya agar ekspektasinya terhadap kostum yang diciptakan sesuai dengan realita yang ditampilkan.

Selain itu, memastikan bahwa kostum tersebut terlihat cocok dikenakan kucing. 

Inspirasi dalam membuat kostum kucing

Saat ini, Fredi memiliki cukup banyak model kostum kucing, dari Superman, pak haji, pocong, hingga tukang cuanki. Kostum tematik tersebut masing-masing memiliki aksesori guna  memperkuat karakter yang ditampilkan.

Kostum pak haji, misalnya, kucing akan mendapatkan peci berwarna putih, baju muslim, sorban, satu sendal jepit, dan sarung motif kotak-kotak. 

Baca juga: Mantan Guru Honorer Kini Penjahit Kostum Kucing, Omzet Rp 6 Jutaan

Seekor kucing menggunakan kostum kucing buatan Fredi Lugina.dok. Fredi Lugina Seekor kucing menggunakan kostum kucing buatan Fredi Lugina.

  • Menilik lingkungan sekitar

Deretan kostum ini tentu hasil dari beragam inspirasi yang ditemukan Fredi. Dalam mencari inspirasi, salah satu cara yang dilakukan adalah melihat lingkungan sekitar. 

“Kalau kostum, misalnya karakter, pertama biasanya dari tokoh populer biar saya enggak susah-susah maksain mindset ke orang-orang. Mereka sudah tahu,” jelas Fredi.

Misalnya, kostum pak haji. Ketika mengunggah foto kucing menggunakan kostum tersebut, ia tidak perlu menuliskan “Pak Haji” lantaran orang-orang sudah memahaminya.

Sementara untuk kostum tukang cuanki, ide ini datang dari kesehariannya melihat tukang cuanki yang selalu melewati rumahnya.

Baca juga: 5 Tipe Hubungan Kucing Peliharaan dengan Pemiliknya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com