Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Gunakan Citric Acid untuk Membersihkan Benda Ini, Bisa Rusak

Kompas.com - 01/09/2022, 08:57 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Express

JAKARTA, KOMPAS.com - Asam sitrat atau citric acid adalah produk pembersih yang populer dan dapat digunakan untuk membersihkan berbagai benda di rumah. Namun, citric acid memiliki sifat korosif, sehingga tidak cocok digunakan untuk membersihkan beberapa permukaan.

Dikutip dari Express.co.uk, Kamis (1/9/2022), citric acid adalah senyawa yang awalnya berasal dari air perasan lemon dan dapat dibeli dalam kemasan kotak.

Citric acid dapat membantu untuk membersihkan kerak kapur dan kadang-kadang digunakan sebagai pengganti cuka putih.

Baca juga: Mengenal Asam Sitrat, Pembersih Serbaguna untuk Peralatan Rumah Tangga

Ilustrasi asam sitrat atau citric acid.PIXABAY/MONFOCUS Ilustrasi asam sitrat atau citric acid.

Meskipun ampuh dalam membersihkan beberapa permukaan, namun seorang ahli menyatakan ada benda yang tidak bisa dibersihkan dengan citric acid.

Matthew Harrison, ahli kebersihan di PriceYourJob, mengatakan, asam sitrat adalah bahan yang luar biasa bagi mereka yang ingin beralih ke metode pembersihan alami.

Asam sitrat adalah alternatif aman yang bagus untuk pemutih, bekerja dengan baik untuk menghilangkan kerak, menghilangkan lemak, memutihkan dan mendisinfeksi.

Menurut Harrison, ketika dikombinasikan dengan soda bikarbonat dan air, asam sitrat menjadi unggulan dalam hal produk pembersih. Namun, asam sitrat tidak boleh digunakan pada beberapa permukaan.

Baca juga: Cara Instan Membersihkan Lantai Kamar Mandi dengan Citric Acid

Harrison menyatakan, ketika asam sitrat, senyawa yang awalnya berasal dari air perasan lemon, bersentuhan dengan permukaan tertentu, maka dapat menyebabkan kerusakan.

Ia mengatakan bahwa, Anda tidak boleh menggunakan asam sitrat pada permukaan batu alam dan marmer. Ini karena sifat korosif asam sitrat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com