Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Ras Anjing Paling Populer pada 2022 Menurut AKC

Kompas.com - 25/08/2022, 21:07 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap tahun, American Kennel Club (AKC), badan pengasuhan anjing Amerika Serikat, merilis daftar ras anjing paling populer yang diakui AKC.

Pemeringkatan ini murni berdasarkan statistik pendaftaran AKC untuk tahun sebelumnya,  bukan kategori subjektif seperti ras anjing paling setia, ras anjing yang tenang, atau anjing terbaik untuk anak-anak. 

Untuk mengetahui apakah anjing peliharaan Anda termasuk dalam daftar itu, berikut ras anjing paling populer pada 2022 menurut AKC dikutip dari Reader's Digest, Kamis (25/8/2022).

Baca juga: 7 Ras Anjing yang Suka Bermalas-malasan, Ada Shih Tzu dan Chihuahua

Labrador retriever

Labrador retriever menempati posisi pertama sebagai ras anjing paling populer selama 31 tahun berturut-turut. Labrador retriever telah menjadi anjing favorit di Amerika Serikat.

Anda akan menemukan dengan mudah anjing Labrador retriever di mana-mana, seperti di kota, jalan setapak, pantai, dan taman anjing—karena salah satu ras anjing paling umum dimiliki.

Selain itu, Labrador retriever bisa bekerja sebagai anjing penyelamat, pemandu, dan terapi. Ras anjing ini dikenal senang, ramah, dan suka bermain, terlebih permainan lempar tangkap. 

Labrador retriever sering berada di urutan teratas daftar ras anjing paling populer karena sifatnya yang luar biasa. Mereka mudah bergaul dengan semua orang dan merupakan beberapa anjing terbaik untuk pemula. 

Baca juga: 8 Fakta Menarik Anjing Boston Terrier yang Kerap Disebut Mirip Bulldog 

French bulldog 

Ilustrasi anjing Golden retriever.Shutterstock/Burin P Ilustrasi anjing Golden retriever.
Dengan wajah kecil keriput dan telinga seperti kelelawar, French bulldog berada di urutan kedua ras anjing paling populer pada 2022.

French bulldog mudah akrab dengan semua orang, orang baru, bahkan hewan peliharaan lainnya di rumah serta tidak banyak menggonggong.

Sebagai anjing penjaga yang waspada, French bulldog akan memberi tahu Anda jika ada orang asing di depan pintu. Namun, anjing berhidung pendek membutuhkan perawatan khusus pada musim panas karena rentan mengalami serangan panas.  

Baca juga: 5 Fakta Unik Anjing Bulldog, dari Sejarah Kelam sampai Sulit Beranak 

Golden retriever

Golden retriever dikenal sebagai anjing yang setia, ramah, cerdasn, penyayang, serta mencintai orang dari segala usia, dari anak-anak hingga orang lanjut usia atau lansia.

Golden retriever adalah anjing yang aktif, membutuhkan latihan, senang berjalan-jalan, dan senang bermain. Karena itu, Anda harus memberikan banyak waktu bila memelihara anjing Golden retriever. 

German shepherd

Ilustrasi anjing - Anjing ras German Shepherd.PIXABAY / RebaSpike Ilustrasi anjing - Anjing ras German Shepherd.
Di urutan keempat ras anjing paling populer pada 2022, ditempati anjing German shepherd. Anjing ini dikenal cerdas, protektif, atletis, serbaguna, dan aktif. 

Tak heran, anjing German shepherd sering digunakan sebagai anjing polisi untuk membantu mengungkap berbagai kasus kriminal.

German shepherd juga mudah dilatih serta menunjukkan 100 persen cinta tanpa syarat kepada keluarga manusia dan anjing peliharaan lain.  

Baca juga: 7 Fakta Menarik Anjing German Shepherd, Cerdas dan Bantu Tugas Polisi 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com