Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Media Tanam Apa yang Terbaik Untuk Anggrek? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 17/08/2022, 19:13 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

tetapi jika Anda memberi mereka media tanam, kelembapan, dan cahaya yang tepat, tanaman bunga anggrek akan tumbuh subur di bawah perawatan yang baik.

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggrek memiliki reputasi sulit tumbuh, tetapi jika Anda memberi mereka media tanam, kelembapan, dan cahaya yang tepat, tanaman bunga anggrek akan tumbuh subur di bawah perawatan yang baik.

Akan tetapi, masalah dimulai ketika Anda memperlakukan bunga anggrek seperti tanaman hias lainnya. Cara tercepat untuk membunuh tanaman anggrek adalah dengan memindahkannya ke tanah pot biasa.

Sebab, dilansir dari Gardening Know How, Rabu (17/8/2022), tanah untuk anggrek tidak mengandung tanah yang sebenarnya atau seluruhnya tanah, dan merupakan campuran bahan-bahan padat yang meniru lingkungan yang digunakan anggrek di alam liar.

Baca juga: 6 Media Tanam untuk Menanam Bunga Anggrek dalam Pot

Ilustrasi bunga anggrek bulan. PIXABAY/GORAN HORVAT Ilustrasi bunga anggrek bulan.

Anda dapat membeli campuran pot atau media tanam anggrek komersial, atau membuat campuran khusus Anda sendiri.

Jenis media tanam anggrek 

Atribut yang paling penting untuk tanah anggrek adalah aerasi dan drainase. Anggrek tidak memiliki jenis akar yang sama dengan tanaman hias lainnya.

Jika akar dibiarkan dalam kelembapan untuk waktu yang lama, mereka akan membusuk. Sementara anggrek menyukai kelembapan, sedikit saja sudah cukup.

Sebagian besar media tanam anggrek komersial mengandung bahan-bahan seperti lumut gambut, perlit atau kulit pohon cemara.

Baca juga: Makna di Balik Warna Bunga Anggrek, Cinta hingga Keberanian

Setiap jenis anggrek menyukai jenis media tanam yang berbeda, jadi jika Anda berencana menanam berbagai macam bunga anggrek, membuat campuran sendiri mungkin merupakan pilihan terbaik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com