Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/08/2022, 13:46 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comIkan discus atau Symphysodon adalah salah satu jenis ikan hias yang terkenal dapat berubah warna, entah menjadi lebih gelap maupun terang.

Perubahan warna ini disebabkan situasi khusus. Warna ikan discus yang menjadi lebih gelap, misalnya, menandakan ikan berada dalam keadaan stres parah.

Baca juga: 9 Fakta Menarik Ikan Discus yang Cerdas dan Dapat Berubah Warna

Sementara untuk perubahan warna menjadi lebih terang, menandakan ikan discus sedang m ketakutan atau sekarat.

Terlepas dari kemampuannya berubah warna, ikan discus secara alami memiliki corak warna cukup unik, yang membuat orang-orang ingin memeliharanya.

Apabila tertarik memelihara ikan discus sembari menikmati warnanya yang indah, kamu harus merawatnya dengan baik. Selain memastikan warnanya tidak berubah, perawatan yang baik membuat ikan discus hidup lebih lama. 

Lantas, berapa lama usia hidup ikan discus jika dirawat dengan baik? Simak penjelasan lengkapnya disadur dari Aquarium Genius, Jumat (5/8/2022).

Baca juga: Waktu dan Jumlah yang Tepat Memberi Makan Ikan Hias

Usia hidup ikan discus

Ilustrasi ikan discus.UNSPLASH / Michael Rodock Ilustrasi ikan discus.

Ikan discus dapat bertahan hidup rata-rata sekitar 10 tahun. Namun, jika dirawat dengan baik, ada kemungkinan ikan discus hidup lebih lama dari usia rata-rata tersebut.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi usia hidup ikan discus seperti di bawah ini. 

  • Pastikan suhu airnya tepat

Salah satu cara merawat ikan discus adalah memperhatikan suhu airnya. Ikan discus harus dipelihara dalam air bersuhu 27-29 derajat Celsius untuk memastikan sistem kekebalannya tetap kuat. 

Untuk tingkat pH, jangan sampai ikan discus konsisten mengalami fluktuasi. Pastikan tingkat pH selalu berada pada kisaran 6,4-8,5.

Baca juga: Ragam Masalah yang Kerap Terjadi Saat Memelihara Ikan di Akuarium

  • Pelihara secara berkelompok

Ikan discus perlu dihindari dari keadaan yang dapat membuatnya stres seperti hanya memelihara satu ikan. Ikan discus adalah ikan yang senang berkelompok.

Ikan discus bisa mengalami stres sangat besar lantaran tidak bisa sendirian. Kamu harus memelihara ikan discus setidaknya enam ekor dalam satu akuarium. 

Baca juga: Berapa Lama Ikan Neon Tetra Hidup dan Apa Faktor yang Memengaruhinya?

  • Makanan yang sesuai

Ilustrasi ikan discus.PIXABAY / ReginaWoelk Ilustrasi ikan discus.

Makanan yang sesuai juga diperlukan guna memberi asupan nutrisi yang cukup bagi ikan discus. Discus adalah hewan omnivora sehingga dapat memakan apa pun, baik daging maupun tumbuhan. 

Di alam liar, ikan discus memakan serangga kecil dan larvanya serta senang memakan cacing darah. Sayuran dan alga pun dapat diberikan untuk makanan ikan discus. 

Hanya saja, pastikan jumlah nutrisinya sesuai agar ikan discus bisa tumbuh secara optimal, selalu dalam keadaan sehat, dan bisa berumur panjang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com