Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Lama Ikan Neon Tetra Hidup dan Apa Faktor yang Memengaruhinya?

Kompas.com - 01/08/2022, 08:20 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Neon tetra adalah salah satu ikan hias paling populer yang dipelihara di dalam akuarium. Ikan neon tetra disukai karena memiliki kepribadian santai dan hampir tidak menunjukkan agresi, sehingga mudah hidup bersama ikan lain.

Selain itu, dikutip dari Betta Care Fish Guide, Senin (1/8/2022), ikan neon tetra juga merupakan ikan hias yang cocok ditempatkan di beragam jenis akuarium karena warnanya yang cerah.

Namun, satu hal yang perlu diketahui oleh banyak pemilik akuarium adalah berapa lama ikan neon tetra hidup?

Baca juga: 9 Jenis Ikan Neon Tetra Berwarna Unik, Ada yang Bermata Merah

Ilustrasi ikan neon tetra jenis Rummy Nose Tetra.SHUTTERSTOCK / Grigorev Mikhail Ilustrasi ikan neon tetra jenis Rummy Nose Tetra.

Lingkungan tempat Anda menempatkan mereka memainkan peran besar dalam berapa lama ikan neon tetra hidup. Berikut penjelasannya.

Berapa umur ikan neon tetra secara rata-rata?

Di alam liar, ketika ikan neon tetra hidup di habitat aslinya, kemungkinan besar mereka akan hidup selama delapan hingga sepuluh tahun.

Namun, umur ikan neon tetra tergantung pada lingkungan tempat mereka tinggal. Ikan neon tetra yang ditemukan di Sungai Amazon dapat hidup hingga 10 tahun.

Ikan neon tetra memiliki umur yang lebih panjang daripada kebanyakan ikan akuarium lainnya. Ikan neon tetra dapat hidup lebih lama dari 5 tahun.

Baca juga: 5 Jenis Ikan Neon Tetra yang Populer pada 2022

Dengan lingkungan yang tepat, ikan ini bisa hidup selama 8 sampai 10 tahun. Seekor ikan neon tetra biasanya akan hidup rata-rata selama 8 tahun di alam liar, tetapi di akuarium, umur tersebut memendek menjadi 5 tahun.

Penting untuk diingat bahwa ada hal-hal tertentu yang dapat Anda lakukan yang dapat memperpendek atau memperpanjang umur ikan neon tetra.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com