Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Ini Cara Membersihkan Noda Minyak pada Piring

Kompas.com - 20/07/2022, 22:02 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Piring yang berminyak dan terkena noda saus sulit dibersihkan. Bahkan, memerlukan pembersihan ulang untuk menghilangkan noda tersebut.

Namun, dilansir dari Hunker, Rabu (20/7/2022), ada cara mudah membersihkan noda minyak dari piring, yakni menggunakan garam

Baca juga: 5 Kesalahan Saat Mencuci Piring yang Harus Dihindari

Garam bekerja baik menghilangkan noda minyak. Namun, untuk hasil terbaik, direkomendasikan menggunakan garam kasar karena lebih efektif untuk menghilangkan noda minyak yang dipanggang dari loyang atau piring keramik.

Untuk membersihkannya, taburkan garam di atas piring, biarkan menyerap minyak selama 10 menit, lalu gosok piring berminyak dengan spons basah.

Bisa pula menggunakan lemon yang telah dibagi dua, lalu gosok pada garam yang ada pada permukaan piring.  

Baca juga: 5 Cara Tepat Menggunakan Spons Pencuci Piring agar Rumah Bebas Kuman

Asam dari lemon berfungsi sebagai penghilang lemak serta membersihkan dan menyegarkan permukaan kayu yang terkena noda minyak.

Selain itu, bisa menggunakan campuran satu bagian garam dan empat bagian alkohol gosok untuk menghilangkan noda minyak pada barang-barang yang lebih kecil seperti peralatan makan.

Rendam peralatan makan dalam larutan garam selama 10 menit sebelum dibersihkan. Perlu diketahui, alkohol gosok akan cepat menguap dan meninggalkan bubuk asin jika peralatan dibiarkan terlalu lama dalam larutan.  

Baca juga: Ketahui, Ini Bahaya Mencuci Piring dengan Spons Kotor

Noda minyak yang lengket setelah mencuci piring

Ilustrasi mencuci piring menggunakan sarung tangan karetFREEPIK.COM/PEOPLECREATIONS Ilustrasi mencuci piring menggunakan sarung tangan karet
Setelah mencuci piring dengan mesin pencuci piring atau merendamnya dalam air hangat berbusa di wastafel dapur, piring masih saja terasa lengket.

Untuk noda minyak yang benar-benar membandel pada loyang dan piring, direkomendasikan menggunakan baking soda dan alas gosok antigores. Ini dapat menghilangkan lapisan kotoran terakhir yang sulit dihilangkan. 

Caranya, isi wastafel dapur atau bak berukuran setara yang dapat menampung piring untuk dibersihkan dengan air panas, bukan air hangat. 

Baca juga: 8 Hal yang Jangan Dilakukan Saat Mencuci Piring dengan Tangan

Buat larutan 237 mililiter cuka putih suling dan 237 mililiter baking soda, lalu tambahkan larutan ke dalam air panas, dan aduk perlahan hingga tercampur.

Rendam piring lengket ke dalam air dan biarkan selama 30 menit hingga satu jam untuk melonggarkan noda minyak. Gunakan alas gosok antigores untuk mengangkat sisa minyak lengket dengan lembut.

Untuk wajan dan piring yang lebih besar, bersihkan bagian yang terendam dan balikkan untuk mengulangi proses pada bagian lainnya.

Ulangi proses ini seperlunya dan bersihkan wastafel secara menyeluruh setelah selesai untuk menghindari noda minyak yang menempel ke samping wastafel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com