Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pindah Rumah? Ini 5 Cara Menghadirkan Feng Shui di Rumah Baru

Kompas.com - 20/07/2022, 18:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Semua orang tentu menginginkan kedamaian dan keharmonisan di rumah mereka agar merasa nyaman dan betah.

Namun, saat pindah ke rumah baru, ada beberapa orang yang merasa tidak nyaman atau betah, entah karena tampilan rumah yang tidak menarik, warna cat yang sudah buruk, maupun penataan furnitur yang buruk. 

Baca juga: 5 Kebutuhan Utilitas yang Diperlukan Saat Pindah ke Rumah Baru

Semua hal ini bisa dilakukan dengan merenovasi atau mendekorasi ulang rumah, tetapi ada cara mudah yang bisa dilakukan untuk menyegarkan hunian, yakni menciptakan feng shui.

Menghadirkan feng shui dapat dilakukan di rumah baru. Bahkan pindah rumah adalah kesempatan sangat bagus untuk mengatur ulang energi rumah.

Seperti diketahui, tujuan feng shui adalah merasa terhubung dengan rumah menggunakan energi kekuatan hidup untuk menyelaraskan diri dengan lingkungan sekitar.  

Feng shui dapat membantu memastikan Qi (energi kekuatan hidup) hidup dan mengalir dengan bebas di rumah baru.

Nah, dilansir dari The Spruce, Rabu (22/7/2022), berikut beberapa cara menghadirkan feng shui di rumah baru.

 

Baca juga: 8 Tips Feng Shui Kamar Tidur untuk Kehidupan Cinta yang Harmonis

Aktifkan area pintu depan rumah

Ilustrasi pintu depan rumah, Ilustrasi pintu kayu.Shutterstock/Breadmaker Ilustrasi pintu depan rumah, Ilustrasi pintu kayu.
Dalam feng shui, area pintu depan rumah disebut "mulut Qi." Di sinilah, energi dan peluang memasuki rumah dan kehidupan Anda.

Jadi, penting memastikannya terlihat dan mengundang. Pintu depan rumah yang terabaikan bisa menghalangi Qi masuk ke rumah dan hidup Anda. Berikut beberapa cara mengaktifkan feng shui di pintu depan rumah. 

  • Pastikan pintu depan rumah dalam keadaan bersih, dari permukaan pintu, kenop, engsel, maupun rangkanya. Periksa apakah pintu dapat dibuka dengan mudah dan engselnya berfungsi baik.
  • Singkirkan segala kekacauan atau rintangan yang menghalangi pandangan atau jalan menuju pintu depan. Pastikan juga nomor rumah mudah terlihat. Jika tamu tidak dapat menemukan pintu rumah, peluang baru juga tidak akan dapat menemukan Anda.
  • Gunakan pintu depan rumah sesering mungkin. Meski merasa lebih nyaman untuk masuk melalui pintu belakang atau garasi, pastikan juga menggunakan pintu depan rumah guna mengaktifkan pintu masuk dan menjaga energi mengalir di area rumah .

Baca juga: 9 Tips Feng Shui Ruang Tamu untuk Keseimbangan Energi 

Singkirkan barang rusak

Selanjutnya, cara menghadirkan feng shui di rumah baru adalah menyingkirkan barang-barang yang rusak. Saat pindah ke rumah baru, pastikan semuanya berfungsi dengan baik. Luangkan waktu untuk memastikan semuanya dalam kondisi baik.

Barang-barang yang rusak di rumah dapat mewakili energi atau balok yang melemah. Ini juga merupakan pengingat terus-menerus tentang hal-hal yang "harus" Anda lakukan, yang dapat menjadi sumber rasa bersalah.

Karena itu, penting memperbaiki atau menghilangkan barang apa pun yang rusak. Periksa stopkontak, engsel, dan area lain di rumah dan buat rencana untuk memperbaiki apa pun yang memerlukan perawatan sesegera mungkin.

Ini berlaku untuk apa pun yang mungkin telah rusak selama proses pindah rumah. 

Baca juga: 6 Tips Menghadirkan Feng Shui Baik ke Dalam Ruang Makan 

Tinggalkan kekacauan di rumah lama

Ilustrasi merapikan rumah; Ilustrasi menyingkirkan barang atau declutteringSHUTTERSTOCK Ilustrasi merapikan rumah; Ilustrasi menyingkirkan barang atau decluttering
Pindah rumah adalah waktu tepat untuk melepaskan barang-barang yang tidak perlu. Sering kali memiliki banyak barang membuat kekacauan serta membuat stres.

Untuk membuat hidup lebih mudah, luangkan waktu melihat-lihat pakaian, buku, dan barang-barang lainnya. Bawa barang-barang yang betul-betul dibutuhkan dan masih layak digunakan ke rumah baru. Tinggalkan barang rusak dan kekacauan di rumah lama. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com