Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Merenovasi Kamar Mandi

Kompas.com - 10/07/2022, 18:41 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar mandi menjadi salah satu ruangan terkecil di semua rumah, tetapi hal itu tidak kalah penting dari ruangan lain.

Bayangkan saja seperti apa rumah tanpa kamar mandi. Tentu saja, rumah kurang lengkap dan membuat Anda kesulitan melakukan berbagai hal penting seperti mandi membuang air kecil dan besar, dan mencuci tangan. 

Baca juga: Kamar Mandi dengan Dua Pintu, Apakah Bagus Menurut Feng Shui?

Meski demikian, kamar mandi faktanya menjadi salah satu bagian rumah yang paling diabaikan. Tak heran, banyak tampilan kamar mandi yang terlihat tidak menaril dan ketinggalan zaman. 

Karena itu, perlu melakukan perombakan. Namun, walau dianggap proyek kecil, merenovasi kamar mandi menjadi proses yang sulit, panjang, serta membutuhkan biaya mahal.

Belum lagi, ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan pemilih rumah saat merenovasi kamar mandi. Dilansir dari My Decorative, Minggu (10/7/2022), berikut sejumlah kesalahan yang kerap dilakukan ketika merenovasi kamar mandi. 

Baca juga: 3 Cara Memilih Keran Shower Terbaik untuk Kamar Mandi, Apa Saja?

Tidak realistis dengan anggaran yang dimiliki 

Ilustrasi kamar mandi minimalis.Shutterstock/ImageFlow Ilustrasi kamar mandi minimalis.
Seperti dijelaskan sebelumnya, lantaran dianggap proyek kecil, banyak pemilik rumah yang tidak menyiapkan anggaran dengan matang sehingga membuat kesalahan dan kekurangan anggaran. 

Kamar mandi memang berukuran kecil, tetapi bukan berarti anggaran renovasinya juga kecil. Anda harus sedikit lebih realistis saat menetapkan anggaran agar bisa menyediakan penyangga untuk pengeluaran tak terduga seperti penggantian balok kayu yang sudah lapuk dan pipa yang berkarat.  

Karena itu, untuk berjaga-jaga, Anda harus memiliki setidaknya 15-20 persen dana darurat dari anggaran yang dimiliki.

Untuk menetapkan anggaran dan apa yang dibutuhkan, sebaiknya bertemu, berkonsultasi, dan mendapatkan perkiraan dari setidaknya tiga kontraktor kamar mandi.

Baca juga: 7 Warna Cat yang Dapat Memberikan Ketenangan di Kamar Mandi 

Tidak memiliki rencana

Sangat mudah melakukan renovasi tanpa memiliki rencana. Itulah kesalahan yang dilakukan pemilik rumah ketika merenovasi kamar mandi.

Meski ruang kecil, merenovasi kamar mandi juga memerlukan rencana. Jika tidak, Anda akhirnya membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan atau kehilangan aspek-aspek tertentu yang bagus untuk kamar mandi. Jadi, miliki sebelum sebelum memulai renovasi.

Merenovasi kamar mandi sebenarnya lebih mudah daripada membangunnya dari awal karena sudah memiliki sistem penting seperti pipa ledeng. Yang mungkin perlu dilakukan hanyalah mengganti perlengkapan kamar mandi. 

Baca juga: 4 Faktor yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Warna Cat Kamar Mandi 

Tidak ada ventilasi

Ilustrasi kamar mandi minimalis sempit.UNSPLASH/SIDEKIX MEDIA Ilustrasi kamar mandi minimalis sempit.
Kamar mandi merupakan tempat privasi, tetapi tidak berarti harus mengabaikan jendela sama sekali. Jika tata letak atau lokasi kamar mandi memungkinkan, pasanga jendela.

Jendela diperlukan untuk menjaga kamar mandi memiliki ventilasi yang baik. Sebab, ventilasi yang buruk sama dengan penumpukan jamur.

Dengan ventilasi yang baik, kamar mandi tidak hanya terasa baru kembali, tetapi juga memberi kenyamanan serta bersih. 

Baca juga: 8 Cara Mencegah Pertumbuhan Jamur di Kamar Mandi 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com