Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini 8 Manfaat Sabun Batang untuk Kebutuhan Rumah Tangga

Kompas.com - 10/07/2022, 18:04 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.comSabun batang tidak hanya berguna membersihkan tubuh, tetapi juga memiliki banyak manfaat untuk kebutuhan rumah tangga, baik pembersihan maupun memperbaiki kerusakan. 

Untuk mengetahui lebih lanjut, dikutip dari The Spruce, Minggu (10/7/2022), berikut beberapa manfaat sabun batang untuk kebutuhan rumah tangga. 

Baca juga: Tips Membuat Pengharum Ruangan, Pakai Sabun Batang dan Pewangi Pakaian

Menyegarkan lemari

Ilustrasi sabun batang hotel Shutterstock Ilustrasi sabun batang hotel

Lemari, laci, koper, sepatu, dan mobil yang berbau bisa diatasi dengan sabun batang. Caranya, taruh sabun batang di dalamnya.

Keluarkan sabun dari bungkusnya, bungkus kembali menggunakan kain, dan simpan di benda atau area yang ingin disegarkan. 

Memudahkan pemasangan furnitur

Tidak semua orang bisa memasang furnitur dengan lancar. Terkadang, ada beberapa baut yang sulit dikencangkan ke dalam material kayu. Untuk mengatasinya, lapisi ulir baut dengan sabun batang.

Lalu, untuk pemotongan kayu, lapisi gigi gergaji menggunakan sabun batang. Hati-hati saat melakukannya. Jika ragu, sebaiknya tidak usah. 

Baca juga: 4 Alasan Mengapa Jeruk Nipis Digunakan Sebagai Bahan Sabun Cuci Piring

Menutupi lubang paku

Apabila memiliki beberapa lubang paku kecil pada permukaan tembok, tambal lubang dengan  sabun batang yang memiliki warna yang sama dengan dinding. Biarkan sabun sampai waktu pengecatan ulang dinding tiba.

Mencegah cipratan cat

Mengecat area di dekat kaca jendela dan cermin perlu dilakukan dengan hati-hati. Tentunya, kamu tidak ingin mememiliki cipratan cat dan menjadi kotor.

Untuk mencegahnya, gosokkan sabun batang ke kaca dan cermin. Saat terciprat cat, sabun membuatnya mudah dihilangkan.

Baca juga: Murah Meriah, DIY Membuat Pewangi Kamar Mandi dengan Sabun Batang

Memperbaiki kunci yang macet

Seiring waktu, kunci pintu dapat menjadi macet. Untuk mengatasinya, gesekkan kunci ke sabun batang sebelum dimasukkan kembali ke lubang kunci.

Menghilangkan bunyi derit

Gosokkan sabun batangan ke permukaan cermin untuk mencegah kaca cermin menjadi berembun.Unsplash/Gabrielle Henderson Gosokkan sabun batangan ke permukaan cermin untuk mencegah kaca cermin menjadi berembun.

Suara engsel pintu dan papan lantai bisa berderit sehingga bisa mengganggu. Untuk mengatasinya, gosokkan sebatang sabun pada bagian pintu dan papan yang berderit.

Melancarkan ritsleting yang macet

Apabila ada ritsleting yang sulit dibuka atau macet, entah itu pada tas atau sarung bantal sofa, perbaiki dengan menggosokkan sabun batang pada ritsleting.

Baca juga: Mudah, Begini Cara Membuat Sabun Cuci Piring di Rumah

Menjadi sabun cuci piring

Ketika kehabisan sabun cuci piring, Anda bisa memanfaatkan sabun batang. Caranya, parut sabun batang hingga 113 gram, lalu campur dengan 946 mililiter air panas.

Aduk hingga sabun larut, biarkan dingin sepenuhnya, dan tuangkan ke dalam botol sabun cuci piring. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com