Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cat Dinding Berbasis Air Lebih Diminati daripada Minyak

Kompas.com - 03/07/2022, 10:57 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam industri cat, ada berbagai macam jenis cat yang dapat digunakan untuk mewarnai dinding interior maupun eksterior rumah.

Setiap jenis cat memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing serta cara mengaplikasi yang berbeda.

Baca juga: Avian Luncurkan Sunguard All-In-One, Cat Dinding Penangkal Suhu Panas

Dua jenis cat yang paling umum digunakan adalah cat berbasis minyak (oil-based) dan cat berbasis air (water-based).

Research, Development, and Innovation Director Avian Brands, Angelica Tanisia Jozar, mengungkapkan orang-orang saat ini lebih sering menggunakan cat berbasis air daripada  minyak.

Baca juga: Ketahui, Ini 3 Perbedaan Cat Berbasis Air dan Minyak

“Memang sekarang orang-orang banyak beralih dari oil-based ke water-based karena lebih ramah lingkungan,” jelasnya dalam konferensi pers di Mal Plaza Senayan, Jakarta, baru-baru ini. 

Menurut Angelica, cat berbasis air hanya perlu diencerkan menggunakan air ketika hendak digunakan pada dinding. Sementara itu, cat berbasis minyak memerlukan thinner sebagai pelarut.

Lebih lanjut, cat berbasis air umumnya mengandung senyawa organik yang mudah menguap atau volatile organic compound (VOC) yang lebih rendah daripada cat berbasis minyak. 

Baca juga: 5 Warna Cat untuk Ruangan yang Sejuk, Tenang, dan Santai 

Tentunya, kehadiran VOC yang lebih tinggi dan sejumlah bahan kimia lain yang terdapat pada cat berbasis minyak membuatnya menjadi cat dinding yang mulai ditinggali banyak orang. 

“Akan jauh lebih baik memilih produk yang lebih ramah lingkungan. Cat berbasis air juga lebih ekonomis karena hanya dilarutkan pakai air,” kata Angelica.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com