Kompas.com - 02/07/2022, 08:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasang wallpaper di dinding kamar mandi memang tampak kurang umum. Akan tetapi, sudah cukup banyak pula pemilik rumah menerapkan hal ini dan menjadi tren tersendiri.

"Wallpaper sudah mulai kembali ke kamar mandi. Kami melihat banyak desain (kamar mandi) menggunakan lebih sedikit ubin dan malah menampilkan wallpaper," ungkap Sarah Yarrow, desainer interior utama di Sarah Yarrow Interiors seperti dikutip dari Better Homes & Gardens Australia, Sabtu (2/7/2022).

Menurut Yarrow, pemasangan wallpaper di dinding kamar mandi merupakan cara yang menyenangkan untuk menambahkan unsur personal dan kepribadian Anda ke dalam ruangan yang sangat privat.

Baca juga: Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Wallpaper dan Wall Sticker

Ilustrasi kamar mandi berwarna lilac.SHUTTERSTOCK / voronaman Ilustrasi kamar mandi berwarna lilac.

Namun demikian, apakah memasang wallpaper di dinding kamar mandi adalah ide yang bagus? Jawabannya adalah ya.

Wallpaper kamar mandi adalah ide bagus, tetapi ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Dinding dan wallpaper harus disiapkan dengan benar, dan Anda harus mengatur suhu dan zona percikan di kamar mandi.

Misalnya, jika Anda memasang wallpaper di belakang wastafel, pertimbangkan untuk memilih bahan yang tahan air Menggunakan dehumidifier dan memasang exhaust fan juga disarankan.

Keuntungan dalam memasang wallpaper di kamar mandi adalah ragam pola dan warna yang tersedia memberi Anda banyak variasi untuk dipilih. Belum lagi, pemasangannya cukup mudah.

Baca juga: 3 Kesalahan yang Harus Dihindari Sebelum Memasang Wallpaper ke Dinding

Selain itu, begitu wallpaper ada di dinding Anda, maka biasanya tahan lama.

Akan tetapi, sisi negatifnya, ada kemungkinan wallpaper terkelupas dan berpotensi berjamur. Selain itu, ketika saatnya untuk melakukan perubahan, melepaskan wallpaper bisa jadi rumit.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.