Kompas.com - 02/07/2022, 09:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat Anda mematikan perangkat atau alat elektronik, Anda mungkin berasumsi bahwa itu benar-benar mati dan tidak lagi menarik daya.

Akan tetapi sebenarnya tidak demikian. Banyak peralatan elektronik rumah tangga biasa, mulai dari pengisi daya laptop hingga printer menjalankan fungsi tertentu saat dicolokkan dan menghabiskan listrik meskipun perangkat itu sendiri tidak menyala. 

Untungnya, solusinya cukup mudah, yakni cukup cabut colokan peralatannya. Mencabutnya benar-benar akan menghentikan energi terkuras secara diam-diam dan menghemat listrik dan uang Anda dalam jangka panjang. 

Baca juga: 6 Peralatan Elektronik yang Dapat Meningkatkan Tagihan Listrik

Ilustrasi TV di dinding, menempatkan TV di dinding. SHUTTERSTOCK/EARLY SPRING Ilustrasi TV di dinding, menempatkan TV di dinding.

Namun,  berapa banyak uang yang benar-benar dihemat dari mencabut peralatan? Apakah penghematan energi yang Anda dapatkan dari mencabut peralatan cukup signifikan? 

Selain itu, apakah sepadan dengan gangguan untuk terus-menerus mencolokkan dan mencabut peralatan?

Dilansir Cnet, Sabtu (2/7/2022), faktanya adalah, peralatan elektronik sebenarnya masih menggunakan energi bahkan ketika dimatikan tetapi masih dicolokkan, menurut Energy.gov. 

Adapun berikut peralatan yang menyedot listrik meskipun sudah dimatikan.

Baca juga: Catat, Ini 6 Tips Menghemat Tagihan Listrik di Rumah

  • Perangkat yang mungkin masih menggunakan energi dalam bentuk lampu yang menyala secara permanen atau tampilan lain yang menunjukkan perangkat mati 
  • Komputer yang hanya dimasukkan ke mode tidur

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.