Kompas.com - 30/06/2022, 09:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Keberadaan peralatan elektronik, seperti kulkas, mesin cuci, dan televisi, di rumah membantu memudahkan berbagai kegiatan. 

Namun, tak bisa dipungkiri, beberapa peralatan elektronik ini mengonsumsi banyak energi yang dapat meningkatkan tagihan listrik

Baca juga: Catat, Ini 6 Tips Menghemat Tagihan Listrik di Rumah

Bahkan, dilansir dari The Metro UK News, Kamis (30/6/2022), ada beberapa peralatan elektronik yang menguras energi listrik meski telah dimatikan. 

Begitu pun membiarkan peralatan tetap terhubung dan menyala meski tidak digunakan dapat menguras listrik. Hal ini karena listrik dapat mengalir melalui perangkat sehingga meningkatkan penggunaan energi dan tagihan listrik

Untuk mengurangi jumlah energi dan menghemat tagihan listrik, cukup mematikan arus listrik. Berikut beberapa peralatan rumah tangga yang dapat meningkatkan tagihan listrik. 

Baca juga: Tiang Listrik di Depan Rumah Tak Bagus Menurut Feng Shui, Mengapa?

Kulkas

Ilustrasi kulkas, Ilustrasi isi kulkas. Shutterstock/New Africa Ilustrasi kulkas, Ilustrasi isi kulkas.
Lantaran terus menyala, tidak mengherankan lebih dari 12 persen energi seluruh rumah tangga berasal dari kulkas. 

Tentu tidak bisa mematikan kulkas begitu saja saat tidak digunakan. Namun, dengan memastikan kulkas bekerja seefisien mungkin, dapat membantu menghemat tagihan listrik. 

Pembersihan kulkas secara teratur, baik pembersihan eksternal maupun internal, adalah cara paling sederhana memastikan kulkas bekerja efisien.

Membersihkan bagian luar kulkas berarti debu tidak akan masuk ke sistem dan mempengaruhi cara kerjanya.

Begitu pun membersihkan bagian dalam dan membuang makanan yang sudah kedaluwarsa dapat membuat kulkas tidak perlu bekerja terlalu keras untuk menjaga makanan tetap dingin atau beku. 

Baca juga: 6 Kesalahan Penggunaan AC yang Membuat Tagihan Listrik Melonjak

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.