Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Peralatan Elektronik yang Dapat Meningkatkan Tagihan Listrik

Namun, tak bisa dipungkiri, beberapa peralatan elektronik ini mengonsumsi banyak energi yang dapat meningkatkan tagihan listrik. 

Bahkan, dilansir dari The Metro UK News, Kamis (30/6/2022), ada beberapa peralatan elektronik yang menguras energi listrik meski telah dimatikan. 

Begitu pun membiarkan peralatan tetap terhubung dan menyala meski tidak digunakan dapat menguras listrik. Hal ini karena listrik dapat mengalir melalui perangkat sehingga meningkatkan penggunaan energi dan tagihan listrik. 

Untuk mengurangi jumlah energi dan menghemat tagihan listrik, cukup mematikan arus listrik. Berikut beberapa peralatan rumah tangga yang dapat meningkatkan tagihan listrik. 

Tentu tidak bisa mematikan kulkas begitu saja saat tidak digunakan. Namun, dengan memastikan kulkas bekerja seefisien mungkin, dapat membantu menghemat tagihan listrik. 

Pembersihan kulkas secara teratur, baik pembersihan eksternal maupun internal, adalah cara paling sederhana memastikan kulkas bekerja efisien.

Membersihkan bagian luar kulkas berarti debu tidak akan masuk ke sistem dan mempengaruhi cara kerjanya.

Begitu pun membersihkan bagian dalam dan membuang makanan yang sudah kedaluwarsa dapat membuat kulkas tidak perlu bekerja terlalu keras untuk menjaga makanan tetap dingin atau beku. 

TV

Sebuah studi pada 2021 menunjukkan bahwa 98 persen rumah tangga di Inggris mengaku membiarkan TV mereka dalam keadaan siaga setiap saat. 

Banyak orang yang salah berasumsi bahwa mematikan TV melalui remote akan mematikannya sepenuhnya, tetapi hal ini tidak selalu benar. Membiarkan TV dicolokkan dan menyala dapat menambah biaya per tahun tagihan listrik.  

Sebab, ketika konsol game biasa dibiarkan dalam keadaan siaga, ini akan menggunakan 15kWh energi per jam. 

Ketel

Ketel bukan penyebab terburuk untuk menguras energi, tapi dapat menambah jumlah yang tidak perlu untuk tagihan listrik.

Karena itu, cara terbaik adalah mematikan atau mencabutnya dari listrik. Membiarkan ketel rata-rata dicolokkan dan menyala saat tidak digunakan akan menghabiskan sekitar 0,3 kWh. 

Olahraga bagus untuk kesehatan, tetapi kurang bagus untuk saldo bank Anda bila menggunakan peralatan olahraga listrik.

Sepeda olahraga rata-rata menggunakan 7kWh saat dibiarkan dalam keadaan siaga yang akan menambah tagihan listrik tahunan Anda.  

Tidak mencabut pengisi daya

Setiap orang bersalah karena membiarkan pengisi daya terpasang dan siap untuk mengisi daya perangkat kapan pun Amembutuhkannya. 

Padahal, meski tidak digunakan pengisi daya yang tercolok mengonsumsi energi yang dapat meningkatkan tagihan listrik. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/06/30/093200976/6-peralatan-elektronik-yang-dapat-meningkatkan-tagihan-listrik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke