Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Kucing Bisa Setia pada Pemiliknya? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 30/06/2022, 18:13 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Cuteness

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski tidak seperti anjing yang terkenal dengan kesetiaannya, ternyata cukup banyak pemilik kucing yang melaporkan bahwa hewan peliharaan setia.

Misalnya, sahabat bulu selalu menunggu di depan pintu ketika pemiliknya pulang ke rumah. Namun, penelitian tentang hal ini sangat sedikit. 

Baca juga: Tips untuk Meminimalisir Hairball pada Kucing Peliharaan

Dilansir dari Cuteness, Kamis (30/6/2022), Mikel Delgado, konsultan perilaku kucing bersertifikat dan salah satu pemilik Feline Minds, menjelaskan sama dengan anjing, kucing dapat mendengar suara pemiliknya saat pulang ke rumah seperti suara mobil di jalan masuk atau saat pemiliknya berjalan menaiki tangga.

Seiring waktu, kata Delgado, kucing mempelajari bahwa suara-suara ini memprediksi kedatangan pemiliknya. 

Selain itu, kucing memiliki kepekaan waktu yang baik dan dapat mengetahui apakah pemiliknya pulang pada waktu yang sama setiap hari. Inilah sebabnya kucing seperti selalu tahu kapan waktunya makan malam. 

Baca juga: Kenali, Ini Tanda-tanda Rabies pada Kucing 

Ilustrasi kucing, Ilustrasi kucing saling berkomunikasi.Shutterstock/Xeniya Butenko Ilustrasi kucing, Ilustrasi kucing saling berkomunikasi.
Kucing dapat mempelajari jadwal pemiliknya, terutama ketika ada makanan di dalamnya untuk mereka.

Apabila Anda memiliki jadwal yang konsisten seperti tiba di rumah pada pukul 18.00 setiap hari, kucing peliharaan dapat memprediksi kedatangan Anda.

Delgado menambahkan, kucing mendapat banyak perhatian dan terkadang mendapat makan saat pemiliknya pulang.

Hal itulahnya yang mungkin membuat sahabat bulu bersemangat menunggu kepulangan atau kedatangan pemiliknya. 

Baca juga: 8 Tips untuk Membantu Anjing dan Kucing Peliharaan Hidup Sehat

Namun, kucing tidak berevolusi bersama dengan manusia seperti anjing. Kucing domestik atau peliharaan adalah perkembangan yang jauh lebih baru daripada anjing domestik. 

Namun, kucing telah menghabiskan cukup waktu bersama manusia selama ribuan tahun untuk mengetahui kebiasaan manusia, terlebih ketika ada makanan untuknya sehingga membuat sahabat bulu mengetahui kebiasaan pemiliknya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com