Kompas.com - 30/06/2022, 17:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan anjing peliharaan adalah menyambut pemiliknya di depan pintu sambil membawa mainannya. 

Perilaku menggemaskan ini tak jarang membuat pemilik anjing berpikir bahwa sahabat bulu ingin mengajak bermain setelah ditinggal bekerja atau pergi selama berjam-jam di rumah.

Baca juga: Kenapa Anjing Suka Dielus pada Bagian Perutnya? Ini Alasannya

Saat menyambut sambil membawa mainan kesukaannya, anjing peliharaan mungkin menunjukkan bahasa tubuh seperti bergerak mengelilingi kamu dan mengibaskan ekor dengan cepat.

Namun, apakah perilaku anjing menyambut pemiliknya dengan membawa mainan menandakan bahwa anjing ingin bermain? Atau ada maksud lain?  

Dilansir dari Cuteness, Kamis (30/6/2022), berikut empat alasan anjing peliharaan menyambut pemiliknya sambil membawa mainan. 

Baca juga: 8 Tanda Anjing Kepanasan dan Cara Mengatasinya

Mencari perhatian

Ilustrasi anjing melompat ke manusia.SHUTTERSTOCK / Tatyana Vyc Ilustrasi anjing melompat ke manusia.

Para ahli perilaku hewan berteori bahwa anjing peliharaan kemungkinan melakukan hal ini untuk mendapatkan perhatian. 

Mereka merindukan kamu dan ingin memastikan bahwa kamu masih memiliki anjing peliharaan saat kamu berjalan masuk ke rumah. 

Adapun mainan digunakan sebagai sarana pengalih perhatian untuk menjadikannya sebagai prioritas utama. Tentunya, kamu tidak bisa melakukan kegiatan lain jika sahabat bulu sudah menunjukkan mainan mereka. 

Baca juga: Ketahui, Jumlah Air yang Harus Dikonsumsi Anak Anjing

Memberikan hadiah

Alasan lain sahabat bulu membawakan mainan adalah sebagai bentuk hadiah. Menilik riset pada anjing dan serigala, ada yang namanya hierarki kelompok. Ini membuat anjing harus menyenangkan kamu.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Cuteness
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.