Kompas.com - 30/06/2022, 15:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada berbagai manfaat meletatakkan keset di area pintu masuk rumah seperti mengurangi dan mencegah debu masuk ke rumah sehingga membuat hunian lebih bersih. 

Selain itu, keset bisa menambah daya tarik visual, terutama bila memiliki desain dan motif unik sehingga bisa membantu para tamu mendapatkan kesan pertama yang positif.

Baca juga: Stop Mencuci Keset Kamar Mandi Menggunakan Mesin Cuci, Ini Bahayanya

Kendati demikian, kebersihan keset yang diletakkan di pintu masuk rumah perlu diperhatikan seperti rutin memncuci atau membersihkannya. 

Lantas, kapan keset pintu rumah harus diganti atau dicuci?

Dikutip dari Martha Stewart, Kamis (30/6/2022), siklus hidup keset pintu rumah tergantung pada banyak faktor, dari frekuensi penggunaan, perubahan cuaca yang drastis, hingga paparan cuaca seperti hujan dan panas sinar matahari. 

Baca juga: Tak Hanya Bersihkan Kaki, Ini 5 Fungsi Keset yang Jarang Diketahui

Suhu yang ekstrem dapat merusak material keset tertentu, sementara frekuensi penggunaan dapat berdampak pada keausan keset.

Semakin lama keset berada di depan rumah, semakin banyak lalu lintas pejalan kaki yang dialami dan semakin banyak debu terkumpul serta membuat keset kotor. Dengan demikian, keset dapat menjadi aus dan tidak berfungsi optimal, 

Karena itu, Mary Patton dari Mary Patton Design, menyarankan mengganti keset pintu rumah dua kali setiap tahun atau setiap enam bulan sekali. 

Baca juga: Ragam Hal yang Perlu Diketahui Dalam Membersihkan Keset

Periksa tanda-tanda keausan

Ilustrasi keset di rumah. PEXELS/KELLY LACY Ilustrasi keset di rumah.

Meski disarankan menggantinya setiap enam bulan, keset pintu masuk dapat diganti sesegera mungkin jika menunjukkan tanda-tanda keausan.

Beberapa tanda ini mencakup tepian keset yang berjumbai, noda keausan, atau noda yang sulit dihilangkan.

Baca juga: Cara Mencuci Keset Kamar Mandi yang Benar, Kurangi Penyebaran Bakteri

“Saat mulai terlihat aus, perbarui keset. Mereka adalah cara murah untuk mencerahkan area pintu masuk rumah,” jelas Patton.

Untuk menjaga keset tetap bersih, lakukan sedikit perawatan dengan mengebasnya guna mengeluarkan debu dan kotoran yang menempel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.