Kompas.com - 30/06/2022, 12:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kayu menjadi material yang umum digunakan untuk pintu rumah sejak lama, terlebih pintu masuk rumah

Banyak pemilik rumah menganggap kayu sebagai bahan paling otentik untuk konstruksi serta memiliki keindahan dan karakter yang dapat meningkatkan tampilan rumah.  

Baca juga: 6 Cara Merapikan dan Menyegarkan Tampilan Pintu Depan Rumah

Tidak ada material lain yang dapat menandingi serat kayu alami yang ditambahkan ke pintu. Selain itu, kekokohan dan sentuhan kayu membuat pintu serta semua strukturnya tampak seolah-olah dibangun dengan bahan kelas satu.

Namun, kayu juga memiliki kekurangan. Banyak pembangun saat ini akan menyarankan  mengunakan alternatif kayu dan menghindari pintu kayu

Baca juga: 5 Warna yang Harus Dihindari di Area Pintu Masuk Rumah

 

Kekurangan pintu kayu 

Ilustrasi pintu depan rumah, Ilustrasi pintu kayu.Shutterstock/Breadmaker Ilustrasi pintu depan rumah, Ilustrasi pintu kayu.
Awalnya, material kayu terlihat bagus saat masih baru. Dari tampilannya, akan sangat mudah mengetahui usia pintu kayu yang berusia dua tahun dan 10 tahun.

Pasalnya, ketika menua, pintu kayu kehilangan nilai estetikanya. Jadi, seiring waktu, kayu kehilangan kepraktisannya dibanding bahan lain seperti fiberglass dan baja.

Selain itu, material kayu dipengaruhi kondisi eksternal seperti paparan cuaca seperti panas dan hujan. Hal ini bisa membuat pintu kayu melengkung, memuai, bengkok, retak, dan akhirnya kehilangan daya tarik serta keefektifannya. 

Baca juga: 5 Tips Memilih Kusen Pintu Kayu yang Bagus dan Kuat

Belum lagi, pintu kayu rentan digerogoti rayap yang dapat membuatnya keropos dan terdapat lubang pada berbagai permukaan.

Selain itu, pintu kayu yang terkena paparan hujan bisa menyebabkan pembusukan dan paparan sinar matahari yang terus menerus membuat permukaan atas mulai mengelupas. 

Baca juga: 5 Hal yang Dapat Menyebabkan Kusen Jendela dan Pintu Kayu Berayap

Material lain untuk pintu masuk rumah

Ilustrasi teras rumah, ilustasi pintu depan rumah, Ilustrasi pintu kayu.SHUTTERSTOCK / David Papazian Ilustrasi teras rumah, ilustasi pintu depan rumah, Ilustrasi pintu kayu.
Meski menjadi material yang disukai dan pilihan utama untuk pintu masuk rumah selama bertahun-tahun, kayu bukan satu-satunya pilihan yang tersedia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.