Kompas.com - 30/06/2022, 10:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Microwave tidak perlu hanya digunakan untuk menghangatkan makanan atau membuat hidangan seperti sup krim, brownies, cupcake, atau cookies.

Sebab, microwave bisa dimanfaatkan sebagai pengganti rice cooker jika alat tersebut sedang tidak bisa dipakai, atau dapur tidak ada ruang untuk menempatkannya.

Baca juga: Perhatikan, 6 Kebiasaan yang Membuat Microwave Cepat Rusak

Lebih lanjut, menggunakan microwave untuk memasak nasi cukup menghemat waktu dalam proses pembersihan. Pasalnya, kamu hanya perlu membersihkan wadah yang digunakan untuk memasak nasi.

Dikutip dari Epicurious, Kamis (30/6/2022), cara memasak nasi menggunakan microwave sangatlah mudah. Metodenya pun bisa digunakan untuk mengolah beras panjang seperti basmati. Seperti apa?

1. Siapkan wadah untuk menaruh beras

Ilustrasi microwave.
Shutterstock Ilustrasi microwave.

Pertama-tama, siapkan 200 gram beras atau satu saset beras kemasan. Kemudian, tuangkan mereka ke dalam wadah yang sudah terisi 473 mililiter (ml) air.

Terkait wadah, pastikan mereka benar-benar aman untuk digunakan di dalam microwave guna mencegah hal yang tidak diinginkan, misalnya wadah yang meleleh atau microwave mengalami korsleting.

Baca juga: Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Akan Membeli Microwave Oven

2. Masukkan wadah ke microwave

Selanjutnya, masukkan wadah tanpa penutup ke dalam microwave. Nyalakan suhu panas tinggi selama 10 menit.

Selama proses mengolah beras menjadi nasi, kamu akan melihat lubang-lubang kecil dari beras yang mengeluarkan uap. Artinya, sebagian besar air telah hilang dari wadah.

Jika selama 10 menit kamu masih belum melihatnya, lanjutkan microwave selama satu menit hingga lubang uap muncul.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Epicurious
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.