Kompas.com - 12/06/2021, 08:55 WIB
Ilustrasi kusen kayu UNSPLASH/Damien DUFOUR PhotographieIlustrasi kusen kayu

KOMPAS.com - Pintu adalah salah satu aspek terpenting dalam sebuah rumah. Selain sebagai akses keluar masuk, pintu memiliki fungsi penting lainnya seperti memberikan keamanan hingga privasi bagi penghuninya.

Oleh karena itu, memilih kusen pintu tak boleh asal-asalan. Selain memperhatikan bahan, kamu juga harus mempertimbangkan desain, ukuran, hingga kelebihan dan kekurangannya.

Nah, untuk memudahkanmu memilih kusen pintu yang bagus, berikut ini tips memilih kusen pintu dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (12/6/2021).

Baca juga: Tips Membersihkan Pintu Kaca Pada Kamar Mandi

1. Bahan baku

Ada banyak pilihan kusen kayu yang dijual dipasaran. Tapi, jangan hanya tergiur dengan harga murah, namun pilih bahan baku kusen pintu yang berkualitas serta kuat.

Beberapa pilihan kusen pintu kayu ialah kayu merbau, kayu besi, kayu meranti, kayu jati, dan kayu damar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apabila kamu menginginkan kusen pintu yang awet, dengan desain klasik, elegan, dan kokoh maka bisa memilih kayu merbau dan jati.

Meskipun kedua jenis kayu tersebut lebih mahal dibandingkan kusen kayu lainnya, tapi keduanya tahan lama dan kokoh. Bahkan, jenis kayu tersebut memiliki ketahanan pada jamur dan rayap.

Baca juga: 6 Pilihan Warna Pintu Depan Rumah yang Cantik dan Menarik

2. Perhatikan tekstur kayu

Untuk mengetahui apakah jenis kayu pada kusen tersebut kokoh atau tidak, kamu bisa memperhatikan serat dan teksurnya.

Kayu yang kuat serta berkualitas memiliki ciri berwarna merah kecoklatan. Selain itu, perhatikan juga perubahan teksturnya ketika terkena air.

Biasanya, kayu yang bagus akan mengeluarkan getah berwarna merah ketika tersiram air.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X