Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mencuci Keset Dapur agar Bersih dan Tidak Bau

Kompas.com - 10/06/2021, 11:34 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan dapur adalah kegiatan yang harus dilakukan secara rutin. Salah satu benda yang tidak boleh luput dari pembersihan adalah keset dapur.

Bagaimana tidak, kotoran, tumpahan, dan remah-remah bahan makanan bisa jatuh kapan saja ke keset dapur saat memasak. Beragam jenis kotoran ini akan membuat keset dapur tidak hanya kotor, tapi juga bau.

Dilansir dari Taste of Home, Kamis (10/6/2021), berikut cara membersihkan keset dapur agar tetap segar dan bebas bau.

Baca juga: 5 Cara Mengubah Tampilan Dapur Tanpa Renovasi

Periksa cara perawatan

Seperti kebanyakan barang rumah tangga, Anda harus memeriksa label sebelum membersihkannya. Keset dapur terbuat dari segala macam bahan, jadi pertama-tama kenali bahan keset dapur yang Anda miliki.

Keset dapur dengan alas busa, karet, vinyl, atau bahkan kulit tidak bisa dicuci dengan mesin. Sebab, jenis keset ini memiliki permukaan halus yang dapat dibersihkan secara manual.

Keset dapur yang terbuat dari serat polypropylene (PP) maupun nilon atau kerap disebut keset dapur antiselip seringkali dapat dicuci dengan mesin cuci dan mudah membersihkan noda yang menempel pada permukaannya. Keset dapur dengan bahan ini biasanya tahan lama.

Keset dapur katun yang dikepang atau dianyam biasanya dibuat dengan tangan dan harus diperlakukan dengan lembut saat dibersihkan atau dicuci.

Baca juga: Penyebab Kebakaran Rumah yang Berasal dari Dapur dan Cara Mencegahnya

Keset dapur bambu yang datar dan fleksibel dengan bahan alas antilengket tidak dapat dicuci dengan mesin. Bambu secara alami tidak terlalu tahan air.

Tumpahan noda harus dibersihkan dengan cepat atau tumpahan dapat meresap dan menodai permukaan secara permanen.

Cara membersihkan noda tumpahan pada keset dapur

Untuk tumpahan atau noda kecil, Anda bisa membersihkan keset dapur dengan cepat. Sebelum membersihkan tempat, sedot kotoran dengan vacuum cleaner atau kibaskan keset di luar untuk menghilangkan remah-remah dan kotoran.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com